Anies Baswedan
www.aniesbaswedan.com

Anies baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat pada tanggal 7 Mei 1969. Ia adalah seorang intelektual muda yang dimiliki Indonesia dan sangat terkenal karena memiliki wawasan yang cukup luas. Ia berasal dari keluarga intelektual juga yang memiliki tekad membangun bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan. Jiwa intelektual yang ia miliki ini ia dapatkan dari orang tuanya. Ayahnya Rasyid Baswedan, pernah menjadi Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia dan Ibunya Aliyah RAsyid adalah seorang guru besar di Universitas Negeri Yogyakarta.

Profil Menteri Budaya Dikdasmen: Anies Baswedan (Kabinet Kerja Jokowi-JK) adalah cucu dari AR Baswedan yang merupakan seorang pejuang pergerakan nasional dan pernah menjadi menteri penerangan pada masa awal kemerdekaan. Sejak remaja Anies akrab dengan dunia akademis. Di masa SMA ia telah terpilih sebagai peserta program AFS yang membuat 1 tahun masa SMA-nya dihabiskan di Milwaukee, Wisconin Amerika Serikat. Lulus dari tingkat SMA, iapun melanjutkan kuliah di Universitas Gajah Mada dan berhasil mendapatkan beasiswa kuliah musim panas di Universitas Sophia Jepang.

Lulus dari kuliah pada tahun 1995 UGM, iapun bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM dan mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan Master pada bidang International Security dan Economy Policy di Universitas Maryland. Banyak sekali penghargaan yang ia peroleh. Di antaranya pada tahun 2008, ia medapat mengahargaan dari majalah Foreign Policy sebagai satu dari 100 intelectual public dunia yang memiliki pengaruh besar. Tahun 2009 ia mendapatkan penghargaan sebagai salah seorang Young Global Leaders 2009 dari forum ekonomi dunia. Di bulan April tahun 2010, ia terpilih dari 20 tokoh yang membawa perubahan dunia untuk 20 tahun mendatang versi majalah Foresight yang terbit di Jepang.

Anies Baswedan
www.krjogja.com

Anies juga pernah menjadi pembicara asal Indonesia pada pertemuan puncak tokoh muda dunia, Young Global Leaders Summit, di Tanzania Afrika pada 2-6 Juni 2010. Pada 28 Juni 2010 ia menerima anugerah Nakasone Yasuhiro Award dari The Institute for International Policy Studies Jepang. Seiring berjalannya waktu, ia aktif mendorong para akademisi untuk menulis sebagai media untuk mencurahkan gagasan. Ia juga memberi dorongan kepada masyarakat untuk selalu optimis dalam memandang bangsa karena menurutnya itulah yang harus ditunjukkan pemuda. Ia mengingatkan bagaimanapun kondisinya, bangsa ini harus disikapi dengan optimis dan kritis untuk kemajuan pendidikan anak bangsa.

Profil Menteri Budaya Dikdasmen: Anies Baswedan (Kabinet Kerja Jokowi-JK) ini memberikan motivasi untuk generasi muda agar tak lelah menyumbangkan kecerdasan untuk membangun negara. Diangkatnya Anies sebagai Menteri Budaya Dikdasmen pada Kabinet Kerja Jokowi-JK, semoga membawa pendidikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.