Susi Pudjiastuti
www.britasatu.com

Susi pudjiastuti lahir pada tanggal 16 januari 1965 di Pangandaran ini bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses, sebab ia seorang pekerja keras. Susi merintis usahanya dari titik paling bawah dengan bekerja di tempat pelelangan ikan dan menjadi penjual ikan keliling. Ia menekuni usahanya tersebut ketika masih duduk di bangku SMA dan memilih berhenti dari sekolah untuk menekuni pekerjaannya. Keputusannya berhenti sekolah sangat tidak di setujui oleh banyak pihak karena prestasinya di sekolah terbilang cukup bagus.

Anak dari pasangan Haji Ahmad Karlan dan Hj. Suwuh Lasminah ini banyak menerima penghargaan salah satunya adalah Pelopor wisata dari dinas kebudayaa dan pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Primaniayarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden RI, Metro TV Award for Economics, inspiring Woman 2005, Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo, Sofyan Ilyas Award dari Kementrian Kelautan dan Perikanan tahun 2009, serta masih banyak lagi penghargaan yang ia pernah ia dapatkan.

Karena kegigihan dan ketekunannya, Profil Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti (Kabinet Kerja Jokowi-JK) ini berhasil menjadi pengusaha ekspor ikan dengan omset hingga milyaran rupiah setiap bulannya, ia memegang peran penting sebagai Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti Marine Product yang mengekspor hasil perikanan mencapai pasar Asia dan Amerika. Bersama suaminya seorang lelaki asal Jerman, ia mendirikan maskapai penerbangan Susi Air dan juga sekolah pilot bernama Susi Flying School. Saat ini Susi Air telah memiliki 50 unit pesawat dan jenisnya pun beragam. Kebanyakan dari pesawatnya beroperasi di luar pulau Jawa, seperti di Papua dan Kalimantan.

Awal dari mendirikan Susi Air adalah ia dan suaminya memiliki keinginan memiliki sebuah pesawat yang bertujuan untuk mengangkat hasil perikanan ke Jakarta yang didapat dari hasil nelayan agar hasil tersebut tetap segar dan tidak mati. Untuk mejadi seperti saat ini ia harus kerja keras agar dapat memenuhi keinginannya tersebut. Tidak hanya berkutat di bisnis penerbangan namun ia juga merambah ke bisnis perkebunan.

Profil Menteri Kelautan dan Perikanan: Susi Pudjiastuti (Kabinet Kerja Jokowi-JK), merupakan sosok wanita hebat, pekerja keras dan penuh keberanian. Sekalipun keputusan presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi menteri menuai polemik, namun semoga keputusan yang diambil tersebut memang tepat untuk Indonesia ke depannya.