QNB-League-Ditunda

Sekitar 24 pertandingan dalam lanjutan ISL atau QNB League akhirnya resmi ditunda. PT LIga memutuskan untuk menunda pertandingan hingga ada kejelasan dan kebijakan dari pengurus baru PSSI. Kejelasan tersebut baru dapat diperoleh setelah Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 18 April 2015 mendatang.

Klub-klub yang tengah on fire bertanding terpaksa mengubah agenda dan jadwal latihan agar tim tetap kompetitif. Pasalnya semua pertandingan QNB League yang sudah dijadwalkan pertanggal 12 April hingga 25 April 2015 ditunda pelaksanaanya.

Penundaan tersebut diputuskan secara kolektif dalam pertemuan 18 Direktur klub peserta QNB League 2015 pada Rabu, 8 April 2015 malam di Park Lane Hotel, Casablanca. Dalam kesepakatan disebutkan bahwa alasan ditundanya laga QNB League 2015 karena menunggu Kongres Luar Biasa PSSI.

QNB League 2015 Resmi Ditunda

Keputusan PT Liga ini masih belum diketahui oleh beberapa klub. Arema Cronus diantaranya yang belum tahu jika jadwal kelanjutan laga QNB League 2015 ditunda. Meski Arema sudah mengantisipasi dengan tidak berangkat ke Kutai Kartanegara untuk laga tandang kontra Mitra Kukar.

Arema-Cronus

 

Dijadwalkan Arema Cronus menjalani laga tandang ke Kalimantan melawan Mitra Kukar pada 12 April dan Pusamania Borneo FC pada 15 April. Setelah itu, Arema kembali ke Malang untuk melakoni laga kandang menjamu PBR pada 25 April mendatang.

persija-jakarta

 

Selain dua laga tandang Arema Cronus tour Kalimantan yang ditunda. Pertandingan Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya pun dibatalkan. Pertandingan yang sedianya akan digelar pada Minggu, 12 April 2015 dan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bungkarno tersebut, tidak jadi digelar karena tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Persib-Bandung

 

Ditundanya lanjutan laga QNB League, memberikan keuntungan bagi klub Persib Bandung. Pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman menuturkan bahwa timnya mulai difokuskan untuk mempersiapkan leg kedua babak penyisihan grup H, AFC Cup 2015 melawan Lao Toyota. Laga tersebut akan digelar di Stadium National Sport Kompleks, Laos, pada 15 April mendatang.

Dalam laga QNB league Persib Bandung dijadwalkan akan menghadapi PSM Makassar 19 April dan Persiba Balikpapan, 22 April mendarang. Dari jadwal terlihat Persib Bandung harus melakoni dua pertandingan di Pulau yang berbeda dalam rentang waktu tiga hari. Maka, pembatalan pertandingan tersebut tentu sangat menguntungan bagi skuat Maung Bandung.

Persipura-jayapura

 

Sama halnya seperti Persib Bandung, Peripura Jayapura juga merasa diuntungkan dengan ditundanya lanjutan laga QNB League 2015. Persipura juga dijadwalkan akan melakoni laga kandangan lanjutan pertandingan Piala AFC Cup 2015 melawan Maziya pada 14 April mendatang.

Sriwijaya-FC

 

Sementara itu manajemen Sriwijaya FC (SFC) belum tahu harus melakukan apa dan bingung, terhadap penundaan QNB League 2015. Laskar Wong Kito sudah berada di Makassar, untuk menjalani partai ketiga kontra PSM Makassar di Stadion Andi Matalatta.

Ditundanya QNB League 2015 juga berpengaruh pada televisi yang menyiarkan liga sepak bola tertinggi di negeri ini. MNC Group sebagai salah satu media yang menyiarkan QNB League ikut merasakan imbas dari perubahan jadwal pertandingan. Selain kerugian materi, pihak televisi juga harus mengubah program acara yang telah disusun sejak jauh-jauh hari.

Disamping alasan menunggu kejelasan dari Kongres Luas Biasa PSSI serta kebijakan dari pengurus baru PSSI. Adanya surat teguran dari Kemenpora terhadap klub-klub yang tidak memenuhi persyaratan dari BOPI. Surat teguran itu ditujukan pada Arema Cronus dan Peresebaya Surabaya. Selain alasan-alasan tersebut pelaksanaan pertandingan pun berdekatan dengan diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika pada 21 April hingga 24 April.