tempo.{co} - Reuters
tempo.{co} – Reuters

Harry Kane menciptakan kenangan manis melakoni debut bersama tim senior Inggris dengan menciptakan goal pertamanya sebagai penutup kemenangan timnya.  Inggris sukses menyarangkan empat goal tanpa balas di gawang Lithuania.  Kemenangan kelima ini memastikan Inggris tetap berada di tempat teratas grup E.

Duel Inggris kontra Lithuania yang digelar di Stadium Wembley  pada Sabtu dini hari tadi (28/03) secara materi skuat Three Lions lebih unggul segalannya dari tim tamunya.  Bermodal pemain muda berbakat, pasukan Roy Hudgson lebih banyak menguasai permainan.   Dua goal babak pertama hasil kontribusi Wayne Rooney pada menit ke 7, dan Danny Welbeck menit 45. Kemudian babak kedua pesta goal berlanjut dari kreasi Raheem Sterling dan Harry Kane.

Memasuki babak pertama tim tuan rumah langsung menebar terror di area pertahanan Lithuania.  Peluang pertama diciptkan oleh Fabian Delp dengan satu umpan matang yang diarahkan kepada Wayne Rooney,  dan saat berhadap satu lawan satu dengan kiper tim tamu, justru sontekan penyerang MU membentur tiang gawang.

Selang lima menit kemudian Rooney membuka kemenangan untuk negaranya. Goal datang dari drible Danny Welbeck , mampu menembus barisan belakangan tim Lithuania, selanjutnya menembakan bolanya , tapi membentur mistar gawang.  Bola mantul tersebut langsung disambar Rooney yang berdiri depan gawang.  Skor pun berubah menjadi 1 – 0.

Goal pertama membuat  Raheem Sterling cs semakin nyaman mengendalikan permainan. Tapi hingga pertengahan babak pertama tim tuan rumah gagal menambah goal.   Baru  jelang jeda turun minum, Danny Welbeck sukses menggandakan kemenangan timnya.  Berawal dari umpan lambung James Henderson yang langsung ditanduk Welbeck ke celah gawang tim tamu.

Memasuki babak kedua Three Lions meneruskan permainan ofensifnya, sehingga praktis  semua pemain Lithuania menumpuk di sektor pertahanan sendiri. Ditekan terus menerus akhirnya gawang Pyatov jebol juga untuk ketiga kalinya.  Raheem Sterling turut berkontribusi melalui goal cantiknya di menit ke 54. Setelah menerima umpan silang dari sang Kapten Wayne Rooney.

Unggul tiga goal, Lithuania semakin tak berkutik, mereka hanya memanfaatkan serangan balik, dari sektor tengah, tapi tak mampu dituntaskan karena ketatnya tembok pertahanan tim tuan rumah.  Justru pada menit ke 74, gawang Lithuania kebobolan lagi untuk keempat kalinya.  Harry Kane pemain pengganti, sukses menyarangkan goal pertamanya dari serangan yang dibangun oleh Raheem Sterling, umpan silang penyerang Liverpool ini langsung disambar menjadi goal indah.