AFP
AFP

Barcelona kembali menunjukan kedigdayaanya di depan publik sendiri Camp Nou Kamis dini hari tadi (19/03), setelah mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 1 – 0  melalui Ivan Rakitic.  Meski hanya mampu menciptakan satu goal saja,  sudah cukup untuk memantapkan langkah Barca ke babak perempat final Liga Champions.

La Blaugrana unggul nilai agregat  3- 1 karena sebelumnya Barca sudah mengantongi kemenangan di leg pertama dengan skor 2 – 1 di kandang lawan Etihad Stadium, markas Manchester City.

Pada pertemuan kedua, babak 16 Besar Liga Champions,  Barcelona diuntungkan sebagai tim tuan rumah. Pasukan besutan Luis Enrique  hanya perlu hasil seri saja, agar bisa melenggang ke fase berikutnya.

Sejak kick off babak pertama, tim tuan rumah sudah menunjukan gejala permainan  agresifnya. Skuat La Blaugrana ingin secapat mungkin menciptkan goal pada kesempatan pertama.  Neymar menciptakan kans besar pada menit ke enam melalui sepakan kerasnya setelah menerima umpan dari Dany Alves. Tapi arah bola masih melenceng dari mistar gawang.

Selang lima menit kemudian, Lionel Messi giliran menebar ancaman, melalui tembakan akuratnya, tapi bola berhasil di tangkap kiper Joe Hart.

Penyerang asal Argentina benar-benar membikin kerepotan  Joe Hart yang harus jatuh bangun mempertahankan gawangnya.  Menit ke 27  tembakan Messi nyaris berujung goal, jika saja bola tidak melenceng dari mistar gawang.

Baru menit ke  31 Ivan Rakitic memecahkan kebuntuan atas tekanan timnya. Goal pemain gelandang ini berawal dari umpan tarik Messi dari tengah kotak penalty dan langsung disambar Rakitic.   Jelang  akhir babak pertama, Luis Suarez giliran turut meneror dari sayap kanannya, tapi masih arah bola jauh dari targetnya.

Memasuki babak kedua, pasukan arahan Manuel Pellegrini mencoba bangkit dari tekanan tim tuan rumah.  Pada menit ke 54, kiper Ter Steiger melakukan kesalahan yang nyaris berujung goal.  Kiper Barca ini mencoba menggiring bola melewati  Aguero, tapi penyerang City ini mampu menguasai bola dan langsung menendang di gawang yang kosong melompong. Untungnya tendangan bisa diblok pemain belakang Barca.

Yaya Toure mencoba melakukan serangan balik dengan tendangan jarak jauh ke arah gawang Ter Stegen, tapi tembakan kurang akurat.  Sebenarnya City punya peluang goal dari hadiah tendangan penalty, setelah  belakang Barca Javier Mascherano  mengganjar Aguero. Tapi sayangnya  penyerang City gagal mengeksekusi, arah bola bisa dibaca kiper Ter Stegen. Hingga kedudukan 1 – 0  tetap bertahan sampai menit akhir pertandingan.