AFP
AFP

Langkah Arsenal terhenti sudah dari arena perebutan Piala Liga Champions musim ini.  Meski unggul dengan skor 2 – 0 tapi belum bisa menyelamatkan dari kekekalahan.  AS Monaco lebih unggul dalam produktivitas goal tandang dari skor agregat 3 -3.  Pada pertandingan putaran pertama pasukan asuhan Leonardo Jardim sudah mengantongi  kemenangan 3 – 1.

Pertandingan leg kedua dihelat di Stade Louis II Stadium pada Rabu dini hari tadi (18/03) Arsenal tampil lebih mendominasi pertandingan. Pasukan Meriam London Utara ini berjuang keras mendulang goal maksimal dari kandang lawan.

Hanya saja Arsenal hanya memampu melesakan dua goal  dari Oliver Giroud dan Aaron Ramsey pada menit 36 dan 79.  Sementara tim tuan rumah gagal melesakan goal balasan.  Dengan kekalahan ini menambah catatan buruk The Gunner, lima kali tidak pernah lolos babak 16 besar Liga Champions.

Tampil di kandang lawan,  Arsenal melancarkan permainan ofensif, dengan terus menekan jantung pertahanan lawan.  Startegi ini dimulai setelah berhasil menguasai keadaan dari serangan tim tuan rumah di menit awal babak pertama.

Pada menit ke  15 sebuah peluang   diciptakan dari tandukan Oliver Giroud setelah menerima umpan lambung dari Marco Bellerin. Tapi arah bola mencuat dari mistar gawang.

Selanjutnya Laurent Koscielny  memberikan tekanan dengan tendangan jarak jauh kea rah gawang yang dijaga Subasic.  Tapi tendangannya membentur mistar gawang. Baru menit ke 36 tekanan Arsenal menemui hasil, dari tendangan Oliver Giroud setelah menerima umpan mendatar  Danny Welbeck.  Kedudukan sementara menjadi 1 – 0.   Tak butuh selebrasi, The Gunner langsung menggenjot omzet goalnya di sisa waktu babak pertama.

Jelang akhir pertandingan Danny Welbeck nyaris menggandakan kedudukan. Berawal dari tekanan di sektor kiri gawang, tapi tendangan Welbeck masih bisa didekap Subasic.

Memasuki babak kedua Arsene Wenger menuntut timnya lebih intensif  memberikan pressure kepada tim tuan rumah.  Alexis Sanchez giliran membangun tekanan kepada dari sektor tengah lapangan, kemudian melepas umpan kepada Oliver Giroud. Tapi sentuhan akhir gagal menuai goal.

Menit ke 53 giliran Mezut Osil melepaskan tembakan kerasnya dari luar kotak penalty, tapi kiper AS Monaco berasil mengamankan.

Baru pada menit ke 75 Aaron Ramsey berhasil menguasai bola dari perebutan dengan Kurzawa  dan langsung menceploskan ke gawang  AS Monaco. Skor pun berganti 2 – 0, namun hingga akhir babak kedua Arsenal kesulitan menambah goal ketiganya.