goal[.com]
goal[.com]
Kompetisi lanjutan Liga Italia Serie A  antara AS Roma vs Empoli  diakhiri berbagai angka dengan skor seri 1-1.  Sedianya moment pekan ke 19 dipakai untuk mendekatkan jarak dengan Juventus tak berlangsung mulus.

Kini  perolehan nilai AS Roma hanya 43 point setelah mendapatkan tambahan satu point saja.  Selisih skor dengan Skuat Nyonya Tua kembali berjarak menjadi enam point saja.

Selama 90 menit berlangsung banyak peluang goal AS Roma yang dibuang percuma karena kurang koordinasi di sektor depan.  Bahkan tim tuan rumah I lupi sempat kecolongan satu goal penalty dari Massimo Maccarone  pada menit ke 37.  Sementara goal penyelamat kekalahan dilesakan oleh Maicon pada menit ke 57.

Empoli mengawali babak pertamanya dengan permainan impresif.  Pada menit awal Manuel Pucciarelli  menebar ancaman pertamanya setelah serangan tunggal mampu berhasil melewati kawalan pemain belakang Roma Mapou Yanga-Mbiwa. Tapi sayang sentuhan akhir tak berujung goal.

Selanjutnya Totti cs mengambil alih serangan, melalui formasi 1 – 5 – 4  yang dirancang pelatih Rudi Gracia mengepung  tim tamunya.   Francesco Totti terus menggempur pertahan skuat Azzurri.

Namun petaka skuat serigala Roma justru datang pada menit awal ketika Juan Iturbe terkapar di tengah lapangan karena kalah body contact dengan pemain belakang Empoli. Iturbe terpaksa ditarik  ke pinggir lapangan dan posisinya diganti Alessandro Florenzi.

Kesialan terus berlanjut pada menit 39, ketika Kostas Manolas mendadak diganjar kartu merah oleh wasit setelah menerjang Riccardo Saponara di kotak terlarang. Sontak wasit pun menunjukan titik putih di depan gawang. Kesempatan eksekusi tidak disia-siakan oleh Maccarone. Kedudukan sementara 0 -1 untuk Empoli.

Bermain dengan sepuluh personil jelas team besutan Rudi Garcia kesulitan mengembangkan permainan. Hingga jeda turun minum AS Roma tak mampu menyamakan kedudukan.

Setelah rehat seperempat jam, Empoli punya kans untuk menggandakan kedudukan setelah tim tuan rumah dalam kondisi pincang.  Namun bukannya bermain menekan justru gagal memaksimalkan kelebihan pemain. AS Roma mencoba bangkit melalui serangan balik. Keajaiban datang pada menit 57, gol tunggal yang dilesakan Maicon mampu menyelamatkan muka AS Roma di depan publik sendiri.

Goal tercipta dari umpan matang winger Miralem Pjanic kepada Maicon yang berdiri bebas di depan gawang. Dengan memanfaatkan celah kawalan pemain belakang Maicon melesakan bola mendatar ke ruang kosong gawang Sepe.  Papan skor pun berubah 1 -1.

Kedudukan ini bertahan hingga menit terakhir babak kedua.  Sementara hasil seri di kandang lawan, tak merubah peringkat Empoli di papan tengah.