Perseteruan Antara Polri dengan KPK Bisa Segera Selesai
tempo(co)

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli meminta agar Presiden Jokowi bisa bersikap tegas atas perseteruan antara KPK dengan Polri. Menurutnya, jika Presiden Jokowi tegas, perseteruan antara Polri dengan KPK bisa segera selesai dan tidak akan ada lagi.

Jokowi… Anda presiden, bertindaklah sebagai presiden. Jangan mengaku presiden, tapi mencla-mencle dan tidak berani. Kasus ini kecil, kasus BG kecil. Kalau presiden punya nyali,” jelas Rizal di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (22/2/2015).

Hal ini diucapkan Rizal Ramli dalam orasinya pada aksi “Save KPK” di lokasi car free day. Lebih lanjut, dalam orasinya tersebut Rizal Ramli mengusulkan agar para penyiik KPK diangkat menjadi pegawai tetap KPK.

Para penyidik KPK, lanjutnya, banyak yang berasal dari kejaksaan dan kepolisian. Hal inilah yang membuat penyidik KPK menjadi sungkan untuk menyidik atasannya yang berasal dari Kepolisian. Dengan menetapkan para penyidik KPK sebagai pegawai tetap KPK, penyidikan kasus yang melibatkan Polri ataupun Kejaksaan tidak akan terhambat lagi.

“Biar mereka berani,” tegas Rizal.

Dalam orasinya itu, Rizal juga menceritakan sebuah lukisan yang ada di dirumahnya. Lukisan itu juga menjadi pesannya kepada masyarakat Indonesia dalam melihat kasus antara KPK ddengan Polri ini.

Diceritakan Rizal, lukisan tersebut berisi gambar seorang anak kecil ynag membawa buku. Lukisan tersebut, kata Rizal, menunjukkan anak Indonesia yang harus selalu menuntut ilmu. Rizal juga melanjutkan, di atas gambar anak tersebut ada balon berwarna merah putih, sehingga anak Indonesia juga harus bisa terbang dengan pendidikannya.

Tetapi, kaki anak itu diikat. Satu, dengan feodalisme, sehingga mereka susah maju. Kedua, diikat dengan KKN, jadi anak enggak bisa terbang tinggi. Jadi, saatnya kita potong feodalisme dan KKN agar anak Indonesia bisa terbang tinggi,” tambah Rizal.

Presiden Jokowi sendiri telah mengambil sikap dalam menyikapi kekisruhan antara KPK dengan Polri ini. Jokowi membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Belia juga mengusulkan untuk mengganti Komjen Budi Gunawan dengan Komjen Badrodin Haiti yang kini tengah menjabat sebagai Wakalpolri.