Studio-181

Setiap kota, pasti memiliki pusat kegiatan ekonomi dan pusat kegiatan usaha atau yang lebih terkenal sebagai sentra usaha. Sentra usaha ini, pada dasarnya merupakan produk unggulan yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Semisal, Kota Tasik yang memiliki beberapa sentra usaha seperti kerajinan dan bordir. Kota Garut dengan sentra kerajinan kulit dan dodolnya atau kota Bandung yang terkenal dengan beragam sentra usahanya, mulai dari kaos, tas, sepatu, boneka, kerajinan, bahan tekstil hingga limbah yang masih bisa dimanfaatkan dalam kegiatan produksi.

Kaos

Jika diperhatikan lebih lanjut, sentra usaha seperti ini justru terdiri dari kumpulan pelaku usaha kecil menengah dengan kesamaan jenis. Berkumpulnya satu jenis usaha dalam satu wilayah tertentu, yang kemudian dinamakan sebagai sentra usaha ini, bisa juga dikatakan sebagai salah satu karakteristik usaha kecil menengah. Keadaan seperti ini, tentu saja memiliki dampak tersendiri dalam keberlangsungan usaha.

Di satu sisi, wilayah usaha menjadi wilayah yang strategis karena sudah terkenal. Di samping itu, sentra usaha seperti ini sangat bisa dimanfaatkan dalam upaya mendongkrak produksi secara masal dalam target tertentu.

Di sisi lain, keadaan seperti ini justru menjebak pengusaha dalam situasi persaingan yang sagat ketat. Bayangkan saja satu jenis usaha yang sama berada dalam satu likasi yang sama, tentunya akan banyak menimbulkan gesekan. Jika tak dikelola secara benar, bukan tak mungkin persaingan tak sehat akan bermunculan sebagai strategi untuk mempertahankan usahanya. Salah satu kondisi yang paling mungkin adalah penetapan harga serendah-rendahnya untuk menjaring konsumen.

Jika hal ini dilakukan, maka kekacauan harga akan sangat mungkin terjadi. Pengusaha yang berlomba-lomba mencari konsumen dengan cara seperti ini, tentunya akan merusak harga di pasaran. Hal seperti ini, tentunya akan berpengaruh juga pada penurunan kualitas. Sebab bagaimana pun harga akan selalu berbanding lurus dengan kualitas. Penurunan kualitas pada akhirnya tentu akan berpengaruh pada kelangsungan usaha.

Satu hal yang menggembirakan, teori atau pernyataan tersebut bisa dikatakan tidaklah benar. Sebab dalam sentra usaha pada umumnya telah memiliki kesepakatan tak tertulis tentang harga minimum yang harus ditetapkan. dengan harga minimum seperti inilah, persaingan usaha bisa berjalan dengan sehat.