sistem imun tubuh
foto: morningagclips.com

Makanan-makanan super berikut ini mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat melawan penyakit atau meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh kita perlukan agar kita tidak mudah terserang penyakit. Virus yang tersebar akan mudah menjangkiti orang yang tidak memiliki sistem imun tubuh yang baik, begitu juga infeksi dan penyakit-penyakit lainnya.

Berikut ini beberapa makanan super yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh:

  1. Ketela 

Ketela atau ubi merupakan makanan terbaik untuk sumber vitamin A. Vitamin A ini yang mendukung kesehatan imun tubuh dengan menjaga batasan alami untuk kuman dan baik untuk kulir, pencernaan, serta paru-paru.

  1. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan makanan fermentasi yang penuh dengan bakteri probiotik. Mikroorganisme ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi, mengurangi peradangan dan mengurangi pertumbuhan dari bakteri yang merugikan tubuh. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, yogurt juga membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan kalsium, vitamin D, potassium, dan juga protein.

  1. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan polyphenols, dan teh hijau ini akan mengurangi risiko terhadap berbagai jenis penyakit kanker. Berdasarkan artikel yang diterbitkan Chinese Medicine, kandungan polyphenol  pada teh hijau akan membantu melawan Heliobacter pylori yang berada di dalam perut. Cukup minum satu sampai dua cangkir teh hijau setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, sebuah senyawa bioaktif. Allicin dipercaya memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membantu tubuh melawan infeksi yang disebabkan oleh Salmonella, Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Menambahkan lebih banyak bawang putih pada menut dietmu akan membantumu untuk melawan sakit flu. Untuk kesehatan imun tubuh, satu suing bawang putih sehari dapat menjadi solusinya.

  1. Madu

Madu telah digunakan untuk tujuan pengobatan sejak zaman kuno. Kandungan madu yang berupa gula, dan phytochemicals dipercaya dapat membantu tubuh melawan bakteri seperti E.coli dan Staph aureus. Madu juga dapat digunakan untuk merawat luka dan mengurangi peradangan. Cukup 1 sampai dengan 5 sendok madu dalam sehari maka kesehatan tubuh kita akan lebih meningkat.