Masjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tak terlepas dari izin-Nya, Allah swt. Buktinya, ada 5 mesjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana. Sudah jelas bahwa kekuasaan Allah itu nyata adanya.

5 Masjid yang Berdiri Kokoh Meski Dilanda Bencana

Segala hal yang terjadi di kolong langit, tak pernah luput dari kuasa Allah Swt. Begitu pula halnya dengan bencana. Mulai dari banjir, longsor, bahkan sampai tsunami sekali pun.

Setiap bencana pasti meninggalkan bekas, seperti halnya menghilangkan nyawa banyak orang dan juga merunthkan bangunan-bangunan yang ada. Namun siapa yang menyangka bahwa ada 5 mesjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana.

Iya, jika bangunan-bangunan lain rata dengan tanah, masjid justru berdiri kokoh. Dan tak jarang, mesjid-mesjid tersebut dijadikan sebagai lokasi penampungan sementara korban bencana alam yang selamat.

Lantas, dimana 5 masjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana itu? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

1. Masjid Golcuk di Turki

Masjid Golcuk

Salah satu masjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana adalah masjid Golcuk di Turki. Pada 1999, Turki diguncang gempa bumi yang sangat hebat, sehingga menghilangkan nyawa banya orang.

Berdasarkan data, korban yang meninggal dalam gempa bumi 1999 di Turki mencapai 45.000 orang. Sementara itu, 43.950 orang luka-luka (luka berat maupun ringan). Guncangan gempa tersebut ternyata tak sanggup meruntuhkan tempat ibadah di Turki, yaitu masjid Golcuk. Masyarakat Turki percaya bahwa kokohnya bangunan masjid Golcuk adalah mukjizat dari Allah Swt.

2. Masjid At Tauhid di Haiti

Masjid At tauhid

Pada 2010, Haiti diguncang gempa dengan kekuatan yang luar biasa. Gempa bumi tersebut menelan banyak korban, yaitu sekitar 316.000 jiwa. Istana kepresidenan dan gedung pemerintahan luluhlantak disapu gempa bumi.

Namun anehnya, tak ada satu pun masjid yang runtuh terkena efek dari guncangan gempa besar tersebut. Bahkan, masjid-masjid tersebut tetap berdiri kokoh dan dijadikan sebagai posko darurat. Salah satu masjid yang tetap berdiri kokoh adalah masjid At Tauhid, di Port –au-Prince.

3. Masjid Kobe di Jepang

Masjid Kobe

Masjid Kobe merupakan masjid pertama di Jepang yang diresmikan pada 1935. Masjid ini juga dikenal sebagai saksi bisu dahsyatnya Perang Dunia Kedua.Penyerangan Jepang terhadap pelabuhan Pearl Harbour di Amerika membuat pemerintah Amerika murka.

Pemerintah Amerika menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hirosima. Hal inilah yang akhirnya membuat Jepang mengaku kalah dari Amerika.

Efek dari bom atom tersebut bukan hanya di Nagasaki dan Hirosima, melainkan juga Kobe. Wilayah Kobe bisa dibilang rata dengan tanah. Namun lagi dan lagi keajaiban datang, masjid Kobe masih berdiri dengan kokoh.

Tak sampai disitu, masjid Kobe kembali dilanda bencana. Pada 1995, masjid Kobe diguncang gempa dahsyat. Ajaibnya, masjid Kobe tetap berdiri dengan kokoh.

4. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

Masjid Baiturrahman

Pada 2004 silam, gempa bumi dan gelombang tsunami menyapu banda aceh. Tsunami di Aceh disebut sebagai bencana alam terdahsyat pada abad 20. Berdasarkan data, bencana ini menelan nyawa banyak orang, yaitu sekitar 200.000 jiwa.

Tak hanya menelan nyawa, tsunami juga meluluhlantakan bangunan-bangunan. Tak ada yang tersisa, selain masjid Baiturrahman. Masjid Baiturrahman menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa dari bencana tsunami.

5. Masjid Jami di Nepal

Masjid Jami

Pada 25 April 2015 lalu, Nepal baru saja dilanda bencana gempa  bumi sebesar 7,8 skala richter. Meski semua bangunan luluhlantak oleh guncangan gempa, namun masjid Jami di Bag Bazaar, Nepal masih berdiri dengan kokoh.

Bahkan, tak ada dinding yang terkelupas atau retak sedikit pun. Tempat ibadah umat muslim ini berdiri kokoh tanpa ada kerusakan sedikit pun. Ini bukti kekuasaan Allah swt.

Nah, itu dia 5 mesjid yang berdiri kokoh meski dilanda bencana. Segala yang terjadi selalu ada hikmahnya. Mungkin bencana ini datang sebagai peringatan agar kita lebih mendekatkan diri lagi dengan-Nya.