Teknologi-Masa-Depan-Super-canggih
Teknologi Masa Depan Super Canggih | Foto: izzudinzaki(dot)wordpress(dot)com

Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat jauh jika dibandingkan dengan masa lampau. Zaman yang kian modern dibantu dengan peralatan serba canggih pun mampu membuat pekerjaan menjadi lebih ringan. Misalnya saja telepon genggam, dahulu di tahun 1990 hingga 2000-an ponsel masih berbentuk kerpad, tapi saat ini ponsel berubah menjadi lebih pintar dan hampir semua ponsel menggunakan layar sentuh.

Selain ponsel, televisi juga bertransformasi menjadi lebih canggih. Kini hampir disetiap rumah memiliki televisi sebagai sarana hiburan. Jika zaman dulu televisi masih terbuat dari kayu dan layarnya hanya berwarna hitam putih. Saat ini televisi didesain super tipis dan tentunya canggih. Cara memindahkan chanel televisi pun sudah tidak menggunakan remot tapi dengan hanya melambaikan tangan saja.

Semua hal tersebut membuktikan bahwa tahun demi tahun teknologi selalu lebih canggih dari masa sekarang. Tak disangsikan lagi, kalau nanti di masa yang akan datang akan muncul teknologi yang lebih canggih lagi dari yang saat ini sudah ada.

6 Teknologi Masa Depan Super Canggih!

Pendidikan yang semakin maju dan menghasilkan manusia yang pintar menemukan teknologi-teknologi terbaru dan canggih sehingga membuat dunia berkembang jauh lebih pesat. Bahkan kita juga tidak bisa memprediksi apa saja teknologi masa depan super canggih yang akan muncul nantinya.

Saat ini saja teknologi-teknologi yang super canggih berada di sekeliling kita. Tentu semua teknologi masa depan super canggih yang nanti akan muncul pasti tak pernah terpikirkan sebelumnya oleh kita.

Sebagian teknologi masa depan super canggih sudah dirancang dari sekarang, tapi baru akan diwujudkan secara nyata nanti diwaktu yang akan datang. Lantas apa saja teknologi masa depan super canggih yang sudah dirancang? Berikut ini adalah daftarnya;

1. Nanoteknologi

NanoTeknologi-Sekecil-atom
Nanoteknologi sekecil atom | Foto: tutorial(dot)atmaluhur(dot)ac(dot)id

Nanoteknologi adalah perwujudan dari teknologi masa depan super canggih yang dibuat sangat kecil. Bahkan untuk memegangnya saja tidak bisa menggunakan tangan kosong. Ukuran dari nanoteknologi ini hanya 1/semilyar meter sama dengan ketebalan rambut yang dibelah menjadi 50.000 bagian.

Nanoteknologi ini dapat memudahkan manusia untuk memanipulasi partikel kecil, sekecil atom. Tujuan dari nanoteknologi sendiri adalah untuk menciptakan material-material masa depan, mesin-mesin, dan robot-robot yang memiliki urukuran sangat kecil.

Material-material yang diciptakan dari nantoteknologi ini akan lebih kuat dari intan, memiliki berat yang super ringan, tahan disegala cuaca ekstrim, mampu menghantarkan listrik, dan yang penting ramah lingkungan.

Teknologi masa depan super canggih ini diprediksi akan menyebar ke seluruh dunia. Bukan hanya itu saja, kita juga bisa menciptakan peralatan super canggih lainnya melalui nantoteknologi ini. Misalnya, membuat nanobots atau nanopartikel yang bisa dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Nanobots yang dimasukkan ke dalam tubuh nantinya bisa berfungsi sebagai penyembuh berbagai penyakit dan menghancurkan sel-sel kanker. Bahkan nanobots itu mampu dioprasikan sebagai apapun yang sipencipta nanobots inginkan.

2. Invisible Car

Invisible-Car
Invisible Car teknologi canggih masa depan | Foto: hdwallpaperpc(dot)com

Teknologi masa depan super canggih selanjutnya adalah invisible car. Yaps, teknologi canggih ini sering muncul di film-film science fiction buatan barat. Hingga saat ini tak terbayang dibenak kita bagaimana caranya mengendarai mobil tembus pandang.

Mobil super canggih dan keren ini nyatanya sedang dalam proses pembuatan lho. Invisible car ini diproduksi oleh salah satu perusahaan mobil terkenal.

Pada rencana awal mobil yang tengah diproduksi oleh Mercedes Benz ini akan diluncurkan pada tahun 2014 lalu. Namun, pihak Mercedez menunda waktu pemasarannya. Hingga saat ini pihak perusahaan tersebut masih merahasiakan waktu pemasaran mobil dengan teknologi canggih tersebut.

Menurut informasi yang beredar, invisible car ini berwarna metalik dan memiliki sifat seperti bunglon. Jika sifat bunglon yang khas adalah berubah warna, berbeda dengan invisible car. Mobil ini memiliki teknologi kamuflase optik.

3. Komputer Kuantum

Komputer-Kuantum
Ilustrasi Komputer Kuantum Masa Depan | Foto: www(dot)ceritadinding(dot)com

Teknologi canggih yang satu ini bernama komputer kuantum. Jika dilihat dari namanya, mungkin terlihat sama dengan komputer di masa sekarang. Namun yang membedakannya adalah kecepatannya yang lebih cepat dibanding komputer yang ada saat ini.

Komputer Kuantum ini memiliki kecepatan ribuan kali lipat lebih cepat dibanding komputer-komputer yang Anda pakai saat ini. Teknologi masa depan super canggih ini diciptakan dengan menggunakan material-material canggih, diantaranya dunia kuantum, superposition, dan quantum entanglement.

Selain memiliki kecepatan super, computer ini juga mampu memprediksi cuaca di bumi secara akurat. Bukan hanya itu, komputer ini juga dapat memprediksi gejala alam yang akan terjadi. Kecanggihan lain yang terdapat pada komputer Kuantum ini adalah kemampuan memecahkan kode tersulit, yakni 140 digit dengan waktu yang cukup singkat.

4. Space Elevator

Space-Elevator
Ilustrasi space elevator masa depan | Foto: io9(dot)com

Space elevator atau tangga menuju luar anggkasa adalah salah satu teknologi masa depan super canggih yang sedang dirancang. Bentuknya mungkin tak akan seperti tangga pada umumnya, melainkan seperti lift yang sangat tinggi.

Tinggi dari space elevator ini menembus langit, dari bumi menuju ke orbit bumi di luar angkasa dan tingginya mencapai 35.000 kilometer. Dengan kecanggihan lift ini manusia akan lebih mudah melakukan perjalanan ke luar angkasa dan tak akan memakan waktu.

Sebagian besar manusia di bumi ini memiliki impian untuk melakukan perjalanan ke bulan atau ke planet lain. Mungkin lift ini tadinya hanya sebuah khayalan, namun ternyata sebuah teknologi baru ditemukan untuk mendukung diwujudkannya teknologi canggih ini.

Teknologi pendukung untuk membuat space elevator ini adalah Carbon nanotube, sebuah material baru yang dinyatakan lebih kuat dari intan dan lebih ringan dari baja. Ditemukannya material tersebut sangat memungkinkan dimulainya era terbaru dalam penjelajahan ruang angkasa.

Jika biasanya seoran astronot melakukan perjalanan ke bulan dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Tapi dengan munculnya teknologi masa depan super canggih ini perjalanan ke luar angkasa dapat ditempuh dengan hanya 8 hari saja.

5. Scramjet atau Hiper-Sonik

Scramjet
Ilustrasi Scramjet HiperSonik dari Nasa | Foto: pics-about(dot)space

Kecanggihan scramjet ini akan menjadi salah satu revolusi terbesar dalam dunia transportasi dunia. Pesawat scramjet ini merupakan pesawat penumpang yang memiliki kecepatan terbang 10 kali lipat lebih cepat dari pesawat tempur tercanggih Amerika.

Sudah diketahui bahwa saat ini Amerika memiliki pesawat tempur tercanggih di dunia, yaitu F/A-22 Raptor dengan kecepatan terbang Mach 2, atau 2 kali lipat kecepatan suara. Nah, pesawat scramjet ini kecepatannya lebih cepat dari pesawat tempur tersebut.

Jika biasanya penerbangan dari New York menuju Tokyo ditempuh selama 18 jam. Nah, kalau menggunakan scramjet waktu tempuhnya hanya 120 menit saja. Teknologi canggih ini sangat membantu manusia dalam memaksimalkan waktu.

Bahan bakar scramjet sendiri hanya menggunakan hydrogen cair yang dicampurkan dengan penyedotan oksigen yang berasal dari atmosfer. Pembakaran antara oksigen dan hydrogen tersebutlah yang membuat scramjet ini terbang lebih cepat.

6. Smartphone super canggih

Jika saat ini smartphone sudah memasuki era layar sentuh, nanti di masa depan akan muncul the window phone, cobalto phone, packet phone, dan mobile script phone. Semua jenis smartphone tersebut memiliki desain dan kecanggihannya yang berbeda-beda.

• The Window Phone

The-Window-Phone-Canggih
The Window Phone Canggih di Masa Depan | Foto: kaskus(dot)co(dot)id

The window phone ini dirancang oleh salah seorang pengusaha asal Korea Selatan yang bernama Seunghan Song. Konsepnya mirip dengan ponsel layar sentuh, namun transparan. Ponsel canggih masa depan ini mampu mengenali cuaca secara langsung, contohnya jika sedang musim salju dilayar ponsel ini akan muncul salju dengan sendirinya.

• Cobalto Phone

Cobalto-Phone-Canggih
Cobalto Phone, Ponsel canggih di masa depan | Foto: archivo(dot)de10(dot)com

Berbeda dengan The Window Phone, cobalto phone mirip dengan smarthphone yang ada di film Iron Man. Konsep smartphone adalah simulasi 3D yang super keren. Posel masa depan ini dirancang oleh Mac Funamizu.

• Packet Phone

Packet-Phone-Canggih
packet Phone, Smartphone canggih di masa depan | Foto: touchuserinterface(dot)com

Teknologi masa depan super canggih berikutnya adalah Packet Phone. Jika dilihat dari namanya ponsel ini dirancang sangat kecil dan fleksibel. Namun, saat smartphone ini digunakan lipatannya akan terbuka untuk berbagai keperluan komunikasi.

• Mobile Script Phone

Mobile-Script-Phone
Mobile Script Phone | Foto: www(dot)concept-phones(dot)com

Mobile script phone ini didesain dengan rancangan yang cukup unik. Teknologi masa depan super canggih ini menggunakan layar yang tersembunyi. Ponsel pintar ini hanya berbentuk persegi panjang, nah jika akan melakukan komunikasi tinggal tarik saja layarnya lalku akan muncul.

Itulah keenam teknologi masa depan super canggih yang akan diwujudkan nanti pada masa yang akan datang. Kecanggihan teknologinya mampu membantu pada setiap kegiatannya. Bagaimana sudah terbayangkan betapa canggihnya manusia di bumi ini?

Baca Juga: Wisata Museum di Museum Angkut, Belajar Sambil Bermain yang Fun Abis!