Kentut Berbunyi Keras Tidak Mengeluarkan Bau Busuk
Kentut Berbunyi Keras Tidak Mengeluarkan Bau Busuk | Foto : www.bride2mum(com)

Orang yang kentut berbunyi keras di tempat umum memang terkesan tidak sopan. Tapi lebih tidak sopan lagi jika ada orang kentutnya tidak bunyi. Kenapa? Karena kentut sembunyi-sembunyi atau tidak mengeluarkan bunyi itu menghasilkan bau tidak sedap, beda dengan kentut bunyi yang biasanya tak berbau.

Sebelumnya, maaf jika tulisan ini terkesan jorok ya, tetapi penting dibahas karena sangat berhubungan erat dengan keseharian kita dan juga bikin kita semua penasaran kenapa kentut bunyi tidak bau dan sebaliknya. Jadi, jangan dilihat dari sisi joroknya ya, namun lihatlah dari sisi ilmiahnya.

Kentut Berbunyi Keras Nggak Bau Karena Ini Penyebabnya

Kentut Bunyi Itu Tidak Bau
Kentut Bunyi Itu Tidak Bau | Foto : www.jevonlevin(com)

Saat ada orang di sekitar Anda tak sengaja atau sengaja kentut berbunyi keras, pasti bunyi kentut tersebut sedikit mengganggu pendengaran. Tapi anehnya, sering ditemui kentut yang bunyinya nyaring itu tak mengeluarkan efek bau tak sedap.

Sebaliknya, kentut yang tak mengeluarkan bunyi justru mengeluarkan efek aroma tak sedap yang mengganggu hidung kita. Tak terdengar apa-apa, tiba-tiba saja tercium bau kentut yang menyengat hidung. Anda pasti pernah menciumnya, bukan?

Mengapa Bisa Terjadi?

Kentut Bunyi Keras Karena Kondisi Usus Besar Kosong
Kentut Bunyi Keras Karena Kondisi Usus Besar Kosong | Foto : boombastis(com)

Kentut berbunyi keras tidak bau, sedangkan yang tidak bunyi justru bau. Mengapa bisa terjadi seperti ini? Untuk mengungkap masalah kentut bau ini, kita ketahui dulu dari mana asal kentut tersebut.

Semua orang tahu kalau mulut merupakan alat pencernaan manusia untuk memasukkan makanan padat ataupun cairan berupa minuman. Nah, semua itu kemudian mengalir ke sistem pencernaan lainnya di dalam tubuh.

Tapi, faktanya tak hanya makanan dan minuman yang memasuki sistem perncernaan kita, udara pun masuk ke dalamnya.

Saat udara yang masuk ke dalam tubuh kita belum melewati organ lambung, udara tersebut bisa dikeluarkan lagi lewat mulut dengan bentuk sendawa. Tapi, bila udara tadi berhasil masuk sampai ke usus, maaf, lubang anus lah jalan keluar udara tersebut dengan bentuk kentut.

Usus besar adalah bagian usus paling akhir yang bagian ujungnya adalah lubang anus. Dalam hal ini, usus besar bekerja melakukan gerakan peristaltik untuk menghasilkan tekanan sehingga menyebabkan udara yang ada di dalam usus ini bisa terdorong keluar tubuh lewat anus.

Di sisi lain, usus besar ini pun adalah organ tempat penampungan tinja yang nantinya juga dikeluarkan dengan cara buang air besar.

Saat udara di dalam usus besar akan dikeluarkan lewat anus dalam keadaan usus besar masih dipenuhi tinja, tentu saja aliran udara yang akan dikeluarkan ini menjadi tidak lancar, sebab terhalangi oleh tumpukan tinja. Inilah yang menyebabkan udara keluar secara pelan-pelan lewat anus.

Di saat yang bersamaan pula, udara dalam usus besar ini terkontaminasi oleh tumpukan tinja, sehingga udara yang dikeluarkan atau kentut ini menjadi berbau tak sedap.

Berbeda bila usus besar ini tidak dipenuhi tinja atau dalam keadaan kosong, pasti proses mengeluarkan udara di dalam usus tersebut akan berlangsung lancar tanpa ada hambatan.

Efeknya, udara yang keluar lewat lubang anus ini berkecepatan tinggi karena tak ada halangan apa pun. Nah, kecepatan tinggi inilah yang menyebabkan lubang anus bergetar cepat dan menciptakan pula bunyi bersuara keras atau nyaring.

Karena bebas dari tinja, maka udara yang ada di dalam usus besar ini tidak terkontaminasi bau tak sedap. Inilah penyebab atau pada kondisi seperti inilah bau kentut yang dikeluarkan tidak mengandung bau apa pun. Hidung kita pun tak mencium bau apa pun.

Terungkap jelas sekarang semuanya. Bau tidaknya kentut kita itu bergantung pada kandungan tinja dalam usus besar. Jika memang seseorang sudah buang air besar (BAB) dengan lancar pada hari itu, kentut yang dikeluarkan biasanya bunyinya keras dan tidak berbau.

Sebaliknya, jika yang bersangkutan pada hari itu belum buang air besar atau susah buang air besar (sedang sembelit), tentu kentut yang dikeluarkan akan tidak bersuara dan berbau tak sedap bikin orang-orang di sekitarnya menjauh karena tak kuat dengan aroma tak sedap.

Ingin tahu caranya agar kentut kita tak mengeluarkan bau tak sedap?

Tips Mudah Agar Kentut Tidak Bau

Kentut Bau Sangat Mengganggu
Kentut Bau Sangat Mengganggu | Foto : www.rinsedaily(com)

Kentut yang bau apalagi sering pasti membuat seseorang malu. Selain berdampak pada ketidaknyamanan sosial, kentut yang baunya tidak sedap dapat mengakibatkan rasa tak nyaman plus nyeri di dalam perut.

Agar aktivitas kentut ini bisa berjalan normal dan tak mengeluarkan bau busuk, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Ingin kentut Anda tidak berbau? Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin saja ampuh mengatasi bau kentut atau kentut Anda tak akan berbau busuk.

1. Minum Teh Herbal

Tahukah kamu jika minum teh herbal sesudah makan bisa mencegah munculnya gas di dalam usus? Nah, untuk rekomendasinya, cobalah minum teh chamomile atau peppermint, karena bisa membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan maksimal, sehingga bau kentut bisa dicegah. Teh lainnya pun bisa membantu mencegah kentut berbau seperti teh hijau misalnya.

2. Jangan Terlalu Banyak Makan Makanan Pemicu Gas di Perut

Mengonsumsi makanan yang kaya serat secara berlebihan seperti umbi-umbian dan kacang-kacangan bisa memicu hadirnya gas di dalam perut. Oleh sebab itulah, kita harus membatasi dalam mengonsumsinya.

Batasi misalnya mengonsumsi sayuran seperti kubis, brokoli, kembang kol, kecambah, dan lainnya jika perut Anda sedang kembung. Tak hanya itu, minuman bersoda dan alkohol pun bisa menyebabkan seseorang sering kentut plus berbau tak sedap.

3. Perhatikan Lagi Asupan Produk Susu

Perhatikan kembali apakah gas di dalam perut menjadi meningkat ketika Anda mengonsumsi produk susu misalnya keju, susu, yogurt, atau lainnya.

Bisa jadi seseorang tidak bisa berkompromi dengan laktosa, sehingga membuat lebih sering mengeluarkan angin (kentut) dengan aroma tak sedap.

4. Rajin Olahraga

Ternyata, melakukan olahraga secara teratur bisa membantu untuk meminimalisir kentut secara berlebihan (chronic intenstinal gas) yang bisa mengakibatkan kentut bau busuk.

Untuk jenis olahraganya, pilihlah yang ringan-ringan misalnya yoga atau jalan kaki, karena ini bisa membantu kerja sistem pencernaan yang sehat. Dengan begitu, tubuh kita tak akan mengeluarkan gas secara berlebihan.

5. Mengubah Kebiasaan Makan

Untuk bisa membantu tubuh mencerna makanan dengan baik dan juga meminimalisir udara yang masuk ke dalam perut ketika makan, cobalah biasakan mengubah kebiasaan makan.

Caranya dengan mengunyah makanan secara pelan-pelan dengan mulut tertutup dan menghindari gigitan besar serta satu lagi, jangan bicara saat makan.

Tips lainnya adalah hindari penggunaan sedotan ketika minum dan jangan pula mengonsumsi permen karet untuk menghindari lebih banyak lagi udara yang masuk ke dalam perut.

Kentut pada dasarnya menyehatkan tubuh, tetapi bila aktivitasnya tidak wajar dan berbau tak sedap, jangan dibiarkan. Itulah tadi ulasan lengkap seputar kentut berbunyi yang tak mengeluarkan bau dan tips-tips agar kentut kita tidak bau. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Nih: Bisnis Online Shop Baju Muslim Modern, Modal Kecil Untung Besar!