Tri Mulyani Sunarharum

Siapa itu Tri Mulyani Sunarharum? Belakangan ini, nama tersebut tak henti-hentinya menjadi kabar hangat di media sosial. Yuk cari tahu lebih jauh tentang sosok Tri Mulyani Sunarharum.

Tri Mulyani Sunarharum, Mahasiswa Terbaik Indonesia di Universitas Australia

Bagi sebagian besar orang, pendidikan adalah bekal penting dalam menjalani kehidupan. Begitu pula halnya bagi Tri Mulyani Sunarharum? Tri Mulyani Sunarharum atau lebih akrab dipanggil Yani, merupakan mahasiswa Indonesia terbaik di Universitas Australia.

Yani adalah kandidat PhD di Bidang Perencanaan Wilayah dan Kota, di Science and Engineering Faculty, Queensland Of Technology (QUT). Dari sekian banyak topik, Yani memilih Perencanaan Kolaboratif untuk Resiliensi terhadap Bencana, khususnya banjir di Jakarta sebagai topik yang akan ia riset.

Sebelumnya, Yani telah menempuh program Master od Applied Science. Kemudian melakukan penggabungan program ke jenjang PdH pada 2013 lalu. Gelar Sarjana, ia peroleh dari Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya pada2010 lalu.

Pintar Berorganisasi dan Rajin Ikut Ekstrakulikuler

yani nari

Selain dikenal dengan kecerdasannya di bidang akademik, Yani dikenal sebagai gadis yang pintar berorganisasi dan ikut ekstrakulikuler. Sejak SMP, gadis kelahiran Malang 10 September 1987 ini aktif berorganisasi dan sering terlibat dalam kegiatan ekstrakulikuler.

Yani sudah tahu asam garam dalam berorganisasi. Pengalaman berorganisasi ia dapatkan pertama kali di SMA Negeri 1 Malang saat menjabat sebagai Sekretaris OSIS. Pengalaman organisasi semakin banyak saat memasuki bangku perkuliahan.

Semasa kuliah, Yani mendapat pengalaman berorganisasi saat menjabat sebagai Komandan Peleton Mahasiswa Putri Fakultas Teknik UB, Sekretaris II Dewan Teknik, dan Ketua Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UB angkatan 2006 lalu. Pengalaman organisasi Yani semakin bertambah saat mengemban pendidikan disana.

tri

Saat kuliah di Australia, Yani juga ikut terlibat dalam kegiatan organisasi disana. Adapun pengalaman berorganisasi disana ialah sebagai Wakil Ketua PPIA QUT, Ketua QUT Science and Engineering Faculty Higher Degree Research Student Scociety, dan lain-lain.

Berbagai pengalaman berorganisasi, baik di Indonesia maupun Australia, membuat Yani semakin tahu seluk beluk dalam berorganisasi. Bekal berorganisasi ini mengantarkan Yani sebagai salah satu finalis QUT Student Leadership Award pada 2014 lalu.

Karier Yani dalam bidang pendidikan semakin cerah, antara 2008 sampai 2011. Karena pada saat itu, Yani diberi kesempatan untuk menjadi Asisten Inherent Staff Pengajar PWK UB. Selain itu, Yani juga pernah menjadi Asisten Peneliti dan Asisten Tenaga Ahli Perencana beberapa Proyek di Malang, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Utara.

Pengalaman di dunia pendidikan juga ia dapatkan saat berada di Australia. Yani pernah menjadi bagian dari Australasian Early Career Urban Research Network, Planning Institute of Australia, dan lain-lain.

Mahasiswa Terbaik di Universitas Australia

universitas australia

Dari sekian banyak prestasi yang sudah diraih, bagi gadis yang hobi menyanyi ini, dinobatkan sebagai mahasiswa terbaik adalah prestasi yang tak pernah ia bayangkan.

Iya, lagi-lagi ada mahasiswa Indonesia yang berprestasi di luar negeri. Dan kali ini, mahasiswa beruntung itu adalah Tri Mulyani Sunarharum. Tri Mulyani Sunarharum terpilih sebagai mahasiswa terbaik Queensland University of Technology (QUT) 2015.

Gadis yang biasa dipanggil Yani ini merupakan mahasiswa indonesia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut. Disamping itu, Yani juga menjadi mahasiswa PhD pertama yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

Menjadi mahasiswa terbaik di universitas Australia tentu saja menarik perhatian banyak orang, termasuk menjadi pemberitaan hangat di media sosial. Tak heran, jika Yani diwawancarai oleh banyak wartawan.

Saat di wawancarai, Yani merasa sangat terkejut bisa mendapatkan penghargaan tersebut. Padahal Yani sama sekali tidak menyangka kemenangan ini. Baginya, bisa masuk nominasi saja sudah bangga.

keluarga

Saat dinobatkan menjadi mahasiswa terbaik, rasa bahagia, terharu, kaget, bangga, semua campur jadi satu. Yani sangat bersyukur atas penghargaan ini. Selain bisa membanggakan kedua orangtua, Yani juga bisa mengharumkan nama Indonesia di luar negeri.

Hal ini membuktikan bahwa siapa pun bisa menjadi yang terbaik, asalkan selalu berusaha dan tak pernah lelah berdoa. Bagi Yani, ini adalah ‘upah’ atas kerja kerasnya selama ini mengemban pendidikan di Australia.

Saat ini, Yani sedang berusaha untuk menyelesaikan pendidikan doctoral di bidang Urban dan Regional Planning di Fakultas Sains dan Teknik di universitas tersebut. Dan pendidikan kuliah Yani di Australia akan selesai di akhir tahun 2015.

Semoga Yani bisa lulus dengan hasil yang maksimal, kalau bisa cumlaude. Terima kasih Tri Mulyani Sunarharum, telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.