Mencari Pesawat Air Asia QZ8501
okezone(com)

Tujuh Negara tawarkan bantuan untuk mencari pesawat Air Asia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) pagi. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan ia telah melakukan kunjungan ke Basarnas hari ini untuk berkoordinasi mengenai bantuan dari luar negeri ini.

Kemarin Minggu saya melakukan kontak dengan banyak menteri luar negeri di mana warga negaranya ada di pesawat. Banyak negara sudah menawarkan bantuan,” ujar Retno saat ditemui di Kantor Basarnas Pusat, Jakarta Pusat, Senin (29/12/2014).

Retno menjelaskan pertemuannya dengan Tim Basarnas adalah untuk membicarakan masalah tawaran bantuan dari luar negeri tersebut, baik itu dalam bentuk kapal maupun pesawat. Ia juga mengatakan pemerintah ingin memberikan perizinan secepatnya.

Ketujuh Negara yang sudah menawarkan bantuannya adalah Malaysia, Australia, Singapura, Korea Selatan, Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat. Retno menambahkan, Australia akan membantu berupa 2 unit pesawat PC3 Orient. Untuk perizinan kedua pesawat tersebut, pemerintah sudah memberikannya Senin (29/12/2014) pagi tadi.

Malaysia akan memberikan bantuan berupa 3 kapal SAR. Perizinan untuk ketiga kapal ini sudah diberikan sejak Minggu (28/12/2014) malam. Selain itu, Malaysia juga menwrkan bantuan berupa pesawat SAR C-130 yang perizinannya sudah diberikan Senin (29/12/2014) pagi tadi.

Sementara itu, 3 kapal SAR jenis frigate landing ship tank dan pesawat C130 sebagai bantuan dari Singapura sudah tiba di Indonesia hari ini. Selan ketiga Negara tersebut, Korea Selatan juga turut memberikan bantuan berupa satu pesawat untuk membantu proses pencarian.

Retno juga membahas tiga Negara lain yaitu Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis yang sudah menawarkan bantuan untuk mencari pesawat Air Asia QZ8501.

Dubes kita di Washington menyampaikan kalau AS siap bantu melakukan pencarian AirAsia QZ5801,” Ujar Retno.

Menteri Retno juga menambahkan, pihaknya akan langsung melakukan koordinasi dengan Basarnas untuk hal-hal yang mungkin dapat menjadi tambahan dalam proses pencarian Air Asia QZ8501 ini. Dengan banyaknya bantuan dari berbagai pihak bahkan berbagai Negara diharapkan keberadaan pesawat Air Asia QZ8501 ini bisa segera diketahui.