Tren-Kuliner-Baru-di-Jepang
Tren Kuliner Baru di Jepang| Foto: hello-pet(dot)com

Jepang memang salah satu Negara yang masyarakatnya memiliki kreatifitas cukup tinggi. Berbagai hasil karya yang dihasilkan pun bisa dibilang aneh dan nyeleneh, tapi unik. Bukan hanya karya di dunia kartun saja Jepang mampu menampilkan karya yang luar biasa. Tetapi dalam hal kuliner pun Negara Sakura ini mampu menghasilkan inovasi yang ciamik.

Biasanya tren kuliner baru di Jepang ini dilihat dari bentuk penyajian. Penyajian yang cantik atau pun unik menjadi salah satu pengguggah selera makan, selain aroma dari masakan itu sendiri. Maka dari itu, masyarakat Jepang sangat kreatif dalam menghasilkan tampilan makanan yang cantik, indah dan unik.

Berikut ini adalah daftar tren kuliner baru di Jepang yang pasti membuat Anda ingin mencicipinya:

Tren Kuliner Baru di Jepang Unik dan Ciamik!

1. Bendungan Nasi Kare

Bendungan-Nasi-Kare
Bendungan Nasi Kare | Foto: lifestyle(dot)liputan6(dot)com

Saat ini masyarakat Jepang tengah menggandrungi salah satu hidangan khas Jepang yang unik. Tren kuliner Baru di Jepang yang sedang digemari adalah ‘damukare’ atau nasi kare. Ya, memang terdengar tidak ada yang istimewa dengan makanan yang satu ini.

Namun, jika kita melihat cara penyajiannya pasti Anda akan terkejut. Pasalnya nasi kare khas Jepang ini disajikan dengan sangat unik dan ciamik. Nasi kare yang sedang naik daun ini, disajikan dalam bentuk bendungan air.

Bendungan air? Yup, nasi kare ini memang sengaja dibentuk menyerupai bendungan. Bendungannya terbuat dari nasi yang dibuat menjadi penghalang makanan kering dengan kuah kare. Sedangkan airnya diganti dengan kuah kare.

Nasi-Kare-Bendungan
Damukare di Jepang | Foto: duniasejutawarna(dot)blogspot(dot)com

Nasi kare yang dibentuk menyerupai bendungan air ini pertama kali disajikan oleh salah satu restoran Jepang yang berada di sekitar bendungan air dan menjadi tren kuliner baru di Jepang. Setelah ramai diperbincangkan, mulai restoran-restoran lain mengikuti cara penyajian unik ini.

Damukare-Jepang
Dam Curry Rice From Jepang | Foto: duniasejutawarna(dot)blogspot(dot)com

Tren kuliner baru di Jepang ini tak hanya menyajikan nasi dank are saja. Tetapi dilengkapi dengan sayuran dan bahan lainnya agar terkesan sangat menyerupai bendungan air. Bahkan ada yang menghias damu kare ini dengan berbagai tambahan bahan makanan agar mirip dengan bendungan air yang sesungguhnya.

Bendungan-Kare-Meleleh
Bendungan Kare | Foto: keepo(dot)me

Bagi Anda penikmat kare, Anda bisa menemukan tren kuliner baru di Jepang ini hampir di seluruh restoran di Jepang. Kelezatan karenya yang membanjiri makanan kering lainnya sungguh nikmat dan jangan Anda lewatkan.

2. Marshmallow Omelette

Marshmallow-Omelette
Marshmallow Omelette | Foto: dituit(dot)com

Tren kuliner baru di Jepang selanjutnya adalah Marsmallow Omelette. Bahan utama dari makanan ini adalah telur. Namun, penyajiannya sedikit berbeda dengan omelette pada biasanya.

Setelah dibuat heboh dengan damukare, masyarakat Jepang kembali dihebohkan dengan Marshmallow Omelette.Jika omelette pada umumnya hanya terbuat dari telur dengan bahan makanan asin lainnya. Nah, untuk tren kuliner baru ini dibuat berbeda.

Isi-Omelette
Isi Omelette | Foto: en(dot)rocketnews24(dot)com

Marshmallow Omelette ini terbuat dari telur orak-arik yang dicampurkan dengan marshmallow. Bayangkan makan telur yang didalamnya terdapat marshmallow yang manis, kenyal, dan chewy di mulut. Bagi Anda yang ingin

mencoba membuat makanan unik ini, caranya mudah banget lho. Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah didapat. Marshmallow ini digunakan sebagai pengganti gula. Jika Anda merasa bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja, taka da salahnya kan mencoba kreasi unik ini. Simak resep Marshmallow Omelette ini:

Bahan yang diperlukan:

– 5 gram marshmallow

– 1 sendok makan kaldu ayam atau sapi

– 1 butir telur

– 1 sendok teh kecap

– 1 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat:

1. Panaskan kaldu ayam dan marshmallow di wajan anti lengket hingga meleleh. Lalu campurkan lelehan marsmallow ke dalam mangkuk yang telah berisi telur.

2. Seteleh itu kocok adonan telur dan marsmallow, tapi jangan terlalu rata. Hal ini dikarenakan agar digoreng telur tidak akan rusak.

3. Kemudian panaskan minyak zaitun ke dalam wajan. Lalu tuangkan adonan telur tadi ke dalam wajan secara merata. Tunggu hingga bagian bawah matang dan gulung telur menjadi omelette.

4. Sisihkan telur kemudian sajikan ke dalam piring. Tambahkan saus atau kecap sebagai pelengkap.

3. Bola Nasi Rasa Jeruk

Bola-Nasi
Bola Nasi Ras Jeruk | Foto: ceritamu(dot)com

Bola nasi rasa jeruk adalah salah satu tren kuliner baru di Jepang yang sedang hits. Makanan unik ini terdapat di pesisir barat Shikoku, Jepang, yang memang terkenal akan kelezatan jeruk mikan atau satusumanya.

Bola Nasi Rasa Jeruk ini bukan menu utama untuk dihidangkan lho, melainkan sebagai camilan. Namun, untuk mendapatkan makanan unik ini tidak mudah. Karena, bola nasi rasa jeruk ini tidak dijual setiap hari dan hanya tersedia diwaktu-waktu tertentu saja.

Bola-bola nasi ini memang asli rasa jeruk, sebab nasinya dibumbui jeruk Satsuma yang khas. Untuk menambah selera, di dalam bosa nasi tersebut terdapat potongan daging ayam dan tahu goreng.

ukuran-Bola-Nasi-Jeruk
Ukuran Bola Nasi Rasa Jeruk | Foto: merdeka(dot)com
Isian-Bola-Nasi-Jeruk
Isian Bola Nasi Jeruk | Foto: merdeka(dot)com

Makanan ini memang sangat mirip dengan jeruk. Warnanya yang kuning cerah, lalu dibungkus dengan plastik transparan dan diberi hiasan daun jeruk. Hal ini memberikan kesan kalau bola nasi ini mirip jeruk sungguhan.

Nah, ketiga makanan diatas memang tengah menjadi tren kuliner baru di Jepang. Selain bentuk dan cara hidangannya yang unik, rasanya pun dijamin lezat lho. Apakah Anda tertarik untuk mencicipi salah satu makanan di atas?

Baca Juga: Keren! Gedung Tua di Bandung Ini Berubah Tapi Tetap Bersejarah