Usaha Mikro

 

UMKM adalah skala usaha terbesar di Indonesia yang meliputi segala sektor usaha mikro, mulai dari industri rumah tangga, perkebunan, peternakan, agrobisnis, holtikultura, kerajinan tangan, konveksi, kesenian hingga industri kreatif yang lebih mengandalkan teknologi.

Setiap sektor tentunya memiliki karakteristik tersendiri, namun karakteristik tersebut bisa lebih ditingkatkan sebagai keunggulan jika pengusaha kreatif dalam menghasilkan inovasi baru dalam kegiatan produksi.

Inovasi bisa dikatakansebagai cara yang paling efektif dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat. Sebab lewat inovasi produk yang dihasilkan akan memiliki keunikan yang menjadi pembeda denga produk lain yang sejenis. Inovasi pun akan menghindari konsumen dari kebosanan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan inovasi sebagai strategi dalam usaha mikro, di antaranya:

1. Menghasilkan produk yang unik

Usaha Mikro

 

Sebuah produk yang unik sudah tentu akan menghasilkan daya tarik tersendiri. Dengan demikian, bisa juga dikatakan bahwa produk yang unik sudah tentu menarik. Strategi seperti inni memang bisa dikatakan cukupo sulit, sebab pengusaha dituntut untuk menghasilkan produk baru yang benar-benar berbeda dari produk yang sudah ada. Dengan kata lain, kreativitas adalah kunci utama dalam inovasi produk yang unik.

2. Pemanfaatan teknologi modern

Memanfaatkan teknologi modern dalam kacamata produksi, mungkin akan sangat berkaitan dengan besarnya biaya yang dikeluarkan. Besaran biaya tersebut, tentu saja akan langsung berpengaruh pada peningkatan skala usaha. Namun bagaimana jika pemanfaatan teknologi tersebut justru digunakan untuk mendongkrak penjualan? Singkatnya penggunaan teknologi tersebut berada dalam tataran pemasaran. Hal ini sangatlah mungkin, mengingat metode distribusi dan pemasaran, termasuk di dalamnya kegiatan promosi. Akhir-akhir ini memang merujuk pada penggunaan teknologi dan informasi, terutama internet. Terkebih dengan kehadiran media sosial yang memberikan keuntungan tersendiri dalam jaringan sosial, maka produk yang kita buat kiranya akan cepat terkenal.

Pemanfaatan teknologi pun berlaku juga dalam hal pelayanan. Dalam hal ini bisa dicontohkan dengan layanan pesan antar (dellivery order). Layanan ini secara tegas menunjukkan bahwa kemajuan zaman memang menuntut pengusaha, terlebih pengusaha mikro untuk lebih mementingkan efektivitas dalam berbagai hal, terutama waktu.