pasar ta

Bagi anda warga di luar Jakarta yang ingin berwisata belanja busana Tanah Abang, mungkin sambil mencari barang grosiran untuk bisnis, mungkin masih asing dengan selak-beluk tempat tersebut. Padahal mengingat luasnya kawasan belanja tersebut anda harus paham betul soal tujuan utama datang ke Tanah Abang.

Misalnya seperti dikatakan tadi, kebanyakan pedagang menjual secara grosir dan tak banyak yang eceran. Jadi kalau anda bermaksud membeli satuan saja tidak cukup tepat datang ke Tanah Abang, kecuali atas tujuan membeli grosir lalu dijual lagi pada daerah lain.

Namun, tidaklah jadi soal juga kalau anda sekedar ingin jalan-jalan saja menikmati daya tarik pasar Tanah Barang. Yang penting selalu berhati-hati karena pencopet rajin berkeliaran dan menunggu anda lengah menggandeng tas. Maka bawalah barang dan uang seperlunya saja.

Nah, tidak mau berdesak-desakan saat belanja busana Tanah Abang? Coba datang saat hari kerja, jangan akhir pekan. Suasana masih sepi di pagi hari saat toko-toko mulai baru buka. Selain itu pedagang akan bermurah hati dalam memberikan harga. Prioritaskan barang yang penting saja sesuai daftar belanja serta kebutuhan.

Berikut ini tips saat berbelanja :

1. Pintar-pintarlah menghadapi pedagang sebaiknya tak perlu diungkap jika anda datang dari luar daerah, supaya pedagang tak mematok harga selangit karena menduga anda tak paham sistem jual-beli barang di Jakarta.

2. Lakukan tawar menawar secara wajar. Di pasar ini sebenarnya harga sudah cukup murah. Jika ingin harga lebih miring, lakukan pembelian dalam jumlah banyak. Sementara kalau ingin menawar, jangan keterlaluan untuk meminta harga lebih murah lagi.

3. Bila pedagang memaksa anda untuk menawar, bilang saja bahwa anda ingin lihat-lihat dahulu. Pedagang biasanya kesal jika anda sudah menawar dan mendapatkan harga terbaik, namun tidak jadi membeli.

4. Pilih produk dengan harga terbaik. Caranya bandingkan harga antara penjual satu dengan lainnya dan amati harga yang ditawarkan. Jika ada barang yang sama namun salah satunya lebih murah, maka Anda bisa mengambil barang yang lebih ekonomis itu.

5. Menjadi langganan tetap : sering membeli pada penjual yang sama akan terbina hubungan yang menguntungkan. Anda bisa mendapatkan harga dengan potongan lebih besar.

Demikian tips wisata belanja busana Tanah Abang, semoga bermanfaat!