Wisata-Museum-Museum-Angkut
Wisata Museum di Museum Angkut Malang | Foto: catatanhariankeong(dot)com

Malang! Pertama kali yang terlintas dipikiran kita jika mendengar kata Malang disebut adalah bakso. Yaps, makanan favorit masyarakat Indonesia ini memang identik dengan kota Malang. Banyak pedagang bakso di ibu kota maupun di kota-kota besar lainnya berasal dari kota Malang.

Tapi kini bukan hanya bakso saja yang identik dengan kota Malang, banyak tempat wisata yang menjadi ikon dari kota ini. Beberapa tempat wisata terkenal hadir di Batu, Malang. Sepertinya kota Batu ini menjadi surga wisata baru di Indonesia.

Wisata Museum di Museum Angkut yang Asyik!

Bukan hanya berwisata saja, di kota Malang, anak-anak bisa berwisata sambil belajar lho. Jadi tak hanya bersenang-senang dan melepas penat saja yang didapat, tapi pengetahuan tentang sesuatu pun bisa kita peroleh disini. Pasalnya, kota Malang menyuguhkan berbagai wisata museum yang yang mengasyikan.

Wisata museum di Malang yang mengasyikan dan tengah menjadi tren adalah Museum Angkut. Nah, jika Anda ingin merasakan sensasi mengelilingi dunia, datang saja ke Museum Angkut ini. Museum unik ini memamerkan berbagai alat transportasi kuno dan modern dari berbagai Negara.

Hampir semua alat transportasi dihadirkan di museum ini. Dari mulai alat transportasi laut, darat, udara hingga laut pun ada. Semua itu dikemas dengan unik dan menarik.

Kehadiran Museum Angkut ini juga mengukuhkan kota wisata Batu, Malang ini sebagai tujuan wisata di Jawa Timur. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini. Dari mulai wisatawan domestik hingga mancaranegara pun tertarik datang ke kota ini.

Wisata Museum Angkut ini merupakan salah satu bagian dari Jawa Timur Park Group. Sebuah perusahaan yang sukses menaungi banyak tempat wisata di berbagai kota di Jawa Timur, seperti Jawa Timur park 1, Jawa Timur Park2, Batu Secret Zoo (Museum Satwa), Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park, dan masih banyak lagi.

Lokasi-Museum-Angkut
Lokasi Museum Angkut Satu Kompleks dengan JatimPark1 | Foto: informasipanduanwisata(dot)blogspot(dot)com

Museum Angkut atau lebih lengkapnya bernama Museum Angkut Plus Movie Star Studio ini berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agus Atas no.2, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Lokasi wisata museum ini berdekatan dengan Jawa Timur Park 1.

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah. Kita tinggal mengikuti petujuk jalan yang menuju ke Jawa Timur Park 1 yang banyak terpasang di berbagai sudut kota Batu. Karena Museum Angkut ini masih tergolong baru, jadi petunjuk jalannya masih belum banyak.

Setibanya kita di kompleks Jawa Timur Park 1, kita tinggal berjalan lurus saja. Lokasi Museum Angkut ini tepat di ujung jalan kompleks Jawa Timut Park 1.

Wisata museum ini menyimpan banyak koleksi untuk dipamerkan. Alat-alat transportasi kuno hingga modern dihadirkan museum ini. Mulai dari becak, andong, sepeda onthel, motor, mobil dari berbagai merk pun ada disini.

Bukan hanya itu saja, di Museum Angkut ini juga terdapat miniature kapal, helicopter dan pesawat terbang yang disimpan di atas gedung museum unik ini. Semua jenis alat transportasi itu disimpan rapih diberbagai zona dan ditempatkan seperti aslinya.

Kita bisa melihat-lihat dan berfoto ria diberbagai zona yang tersedia. Zona-zona yang berada di Museum Angkut antara lain zona Hall Utama dan Edukasi, zona Sunda Kelapa dan Batavia, zona Eropa, zona Istana Buckingham Inggris, zona Las Vegas, zona Hollywood, zona Gangster Town dan Broadway Street, dan zona Pasar Apung.

Lantas apa saja yang bisa kita explore di zona-zona yang berada di wisata Museum Angkut ini? Simak info berikut ini;

Zona Hall Utama dan Edukasi

Zona-Hall-Utama
Zona Hall Utama Museum Angkut | Foto: sekilasharga(dot)com

Nah, di zona yang pertama ini para wisatawan akan dimanjakan dengan deretan alat transportasi dari berbagai Negara dan dari masa ke masa. Tata ruang dan tata cahaya di zona ini dibuat sangat indah dan menimbulkan kesan elegan.

Kereta kencana yang lengkap dengan kudanya, sepeda othel yang berjejer rapih, sepeda motor jadul, monil-mobil berbagai merk yang hits dari zaman dulu hingga sekarang, helicopter, dan miniarut mobil bumblebee dari film transformer pun ada di zona hall utama ini.

Bagian-Zona-Utama
Andong di Bagian Zona Hall Utama | Foto: villapelangibatu(dot)com

Di zona edikuasi wisata museum ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai miniatur kapal, lho. Dari miniatur kapal Titanic, kapal Majapahit, hingga kapal Borobudur. Selain itu, di zona edukasi ini juga terdapat macam-macam alat transportas tradisional Indonesia.

Mulai dari alat transportasi yang bernama Cidomo yang berasal dari Gili Trawangan, Lombok. Kemudian bemo, kereta kuda, hingga becak-becak dari berbagai daerah Indonesia pun hadir di zona edukasi ini.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Zona-Batavia
Zona Sunda Kelapa dan Batavia Museum Angkut | Foto: iniijie(dot)com

Di zona yang kedua di wisata Museum Angkut ini para pengunjung akan ditarik ke Jakarta masa lalu. Zona Sunda kelapa ini memang benar-benar dibuat mirip dengan Jakarta Tempo dulu saat masih menjadi pelabuhan terkenal di zaman Belanda.

Zona-Pecinan-Sunda-Kelapan
Zona Sunda Kelapa, Pecinan | Foto: wisatawan(dot)net

Pada zona ini kita disuguhkan berbagai alat transportasi zaman dulu khas Indonesia, seperti sepeda onthel, dokar, becak, oplet, bemo, gerobak yang ditarik dengan kerbau, sampai sepeda motor yang nge-hits di era 40-an juga dihadirkan di zona ini. Zona ini memang menghadirkan suasana pelabuhan Sunda Kelapa zaman dulu.

Zona Istana Buckingham

Zona-Istana-Inggris
Zona Istana Buckingham Inggris | Foto: travelingprecils(dot)blogspot(dot)com

Museum Angkut benar-benar menghadirkan Istana Buckingham lho. Kemegahan istana Ratu Elizabeth II itu bisa kita rasakan di museum ini. Bukan hanya istananya saja, taman bunganya di halaman depan istana pun disuguhkan museum ini.

Di-dalam-Ruangan-Istana
Di dalam ruangan Istana Buckingham | Foto: museumangkut(dot)com

Semua transportasi yang diproduksi Negara Inggris pun dihadirkan di zona ini. Yang menjadi istimewanya lagi, mobil Land Rover zaman dahulu yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth saat melakukan parade di Australia pun ada di Museum Angkut.

Taman-Bunga-Buckingham
Taman Bunga Istana Buckingham | Foto: 1001wisata(dot)com

Zona Istana Buckingham ini menjadi spot favorit para wisatawan untuk berfoto. Berada di zona ini kita serasa berada di Inggris sungguhan.

Zona Uni Eropa

Zona-Eropa
Zona Eropa di Museum Angkut | Foto: tumblr(dot)com

Jika kamu berkunjung ke Museum Angkut, jangan pernah lewatkan zona yang satu ini. Yaps, di zona Eropa ini kamu akan dibawa ke Negara-negara besar, seperti Jerman, Roma, Perancis, dan Italia. Pada Zona ini kamu akan disuguhkan suasana Negara di benua Eropa.

Zona-Eropa-Italia
Italia di Zona Eropa | Foto: motherandbaby(dot)co(dot)id

Bukan hanya itu, bangunan café di zona ini juga sengaja dibuat sangat mirip dengan aslinya. Hingar bingar kota-kota di Benua Eropa pada malam hari sangat terasa di zona ini. Berbagai kendaraan dari yang jadul hingga modern terparkir dengan rapih di sepanjang jalanan Eropa.

Eifell-di-Museum-Angkut
Menara Eifell di Museum Angkut | Foto: flickrr(dot)com

Zona Las Vegas dan Hollywood

Zona-Hollywood
Zona Las Vegas dan Hollywood | Foto: tribunnews(dot)com

Salah satu zona favorit para wisatawan adalah zona Las vegas dan Hollywood. Berada di zona ini kita serasa ada di jalanan Las Vegas yang ramai. Bukan hanya itu, Hollywood yang terkenal sebagai pencetak film-film box office juga digambarkan di zona ini.

replika-artis
Replika artis-artis Hollywood di Zona Las vegas dan Hollywood | Foto: kompasiana(dot)com

Macam-macam kendaraan yang pernah digunakan dalam berbagai film pun dihadirkan di zona ini, seperti batmobile, mobil bumblebee, hingga mobil caravan scoby doo pun ada lho. Replikasi artis-artis terkenal asal Hollywood pun ada di sepanjang zona Hollywood ini.

Bukit-Hollywood
Bukit Hollywood | Foto: yudakusuma(dot)com

Satu lagi yang membuat kita semakin serasa berada di Hollywood adalah bukit Hollywood yang terkenal itu juga disuguhkan di Museum Angkut ini. Karena hal inilah zona Las Vegas dan Hollywood menjadi salah satu spot terfavorit para wisatawan berfoto.

Zona Gangster dan Broadway

Zona-Gangster
Zona Gangster dan Broadway | Foto; museumangkut(dot)com

Zona yang satu ini juga tak kalah dengan zona-zona yang lain. Pada zona ini para pengunjung akan dibawa ke suasana jalanan broadway dan dunia gangster. Broadway street merupakan tempat yang menjadi impian para musisi dunia untuk melakukan rekaman di tempat ini.

broadway-streets
Broadway Streets di Museum Angkut | Foto: anekatempatwisata(dot)com

Suasana dan tata letak di zona ini pun dibuat mirip dengan aslinya. Beberapa bangunan, sperti hotel, toko souveniar, broadway theater pun ditampilkan disini. Selain itu, kendaraan-kendaraan kuno nan mewah pun terparkir dengan rapih di sepanjang zona ini.

Wisata di Museum Angkut ini memang menyenangkan. Bukan hanya koleksi-koleksi kendaraan saja yang bisa kita lihat tapi kita juga bisa merasakan sensasi mengelilingi dunia hanya dalam satu tempat.

Pasar-Apung-Museum-Angkut
pasar Apung di Museum Angkut | Foto: inijie(dot)com

Setelah mengelilingi Museum Angkut pasti Anda lelah kan? Tak ada salahnya jika mampir untuk mengisi perut ke Pasar Apung. Pasar ini masih berada satu kompleks dengan Museum Angkut. Disini berbagai makanan di jual dengan harga yang terjangkau.

Untuk menuju ke lokasi Pasar Apung, Anda akan melewati replika gerbong kereta api. Gerbong ini akan bergoyang seperti sedang berjalan dengan pemandangan buatan yang dibuat sangat mirip dengan aslinya. Menarik bukan?

Disebut Pasar Apung karena memang suasananya dibuat mirip dengan pasar apung yang ada di Kalimantan dan Thailand. Semua pedagang menjajakan makanananya di atas perahu. Tempat makan ini memang dibangunan di atas sebuah danau kecil buatan yang airnya sangat tenang.

Pasar-Apung-malam-hari
Pasar Apung Malam hai | Foto: intaninchan(dot)wordpress(dot)com

Tempat ini menyediakan berbagai makanan khas Indonesia, antaralain sate, nasi timbel, gudeg dan lain-lain. Selain makanan, di Pasar Apung ini juga terdapat pedagang yang menjual serba-serbi souvenir Museum Angkut. Dari mulai kerajinan, batik, lukisan, dan sebagainya. Semua itu bisa kita dapatkan di Pasar Apung ini.

Tiket-Box
Loket Tiket Museum Angkut | Foto:
caderabdul(dot)wordpress(dot)com

Harga tiket masuk ke wisata Museum Angkut ini sebesar Rp50.000 per orang untuk hari kerja (Senin-Kamis). Sedangkan untuk akhir pekan, tanggal merah, dan musim liburan harga tiket masuknya dibanderol Rp75.000 per orang. Jika Anda membawa kamera pocket atau kamera lainnya sendiri maka akan dikenakan tarif biaya tambahan untuk kamera sebesar Rp30.000.

Menghabiskan hari libur dengan wisata museum memang asyik. Apalagi ke Museum Angkut ini dijamin tak akan bosan deh. Yuk, kita agendakan liburan kita dengan mengunjungi Museum Angkut di Malang ini!

Baca Juga: 10 Kesederhanaan Mark Zuckerberg yang Layak Banget Ditiru