sumur-terindah-di-dunia
Sumur Terindah di Dunia | Foto: blog(dot)tripwolf(dot)com

Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan alam semesta ini berserta isinya dengan begitu indah. Kebesaran Tuhan pun ditunjukan dengan melalui berbagai cara. Semua itu bisa kita lihat disekeliling kita. Dari mulai yang sederhana hingga yang indah mempesona. Kekuasaan Tuhan memang tiada tara dan tak ada satu makhluk apapun yang mampu menandinginya.

Keindahan alam semesta ini merupakan salah satu kekuasaan Tuhan yang dapat kita nikmati. Bahkan keindahannnya mampu membuat mata terbelalak dan mengundang kata wow.

5 Sumur Terindah di Dunia yang Menakjubkan!

Salah satu keindahan alam yang memang mempesona adalah sumur-sumur yang terdapat di dunia ini. Sumur terindah di dunia tersebut membuat kita menjadi lebih bersyukur akan kekuasaan Allah SWT.

Lantas dimana saja sumur terindah di dunia itu berada? Berikut ini adalah daftar sumur terindah di dunia yang mempesona sekaligus menakjubkan;

1. Jacobs Well

Jacobs-Well
Jacobs Well di texas | Foto: smmercury(dot)com

Sumur terindah di dunia yang pertama adalah Jacobs Well. Sumur ini terletak di Texas, Amerika Serikat. Jacobs Well meruapakan salah satu tempat menyelam yang menjadi incaran penyelam-penyelam mancanegara. Pasalnya, sumur yang terletak dibawah laut ini memiliki daya tarik bagi mereka yang mempunyai adrenalin tinggi.

Meskipun terlihat sangat indah dan menakjubkan, Jacobs Well ternyata berbahaya lho. Memang jika dilihat dengan kasat mata sumur yang memiliki diameter 4 meter dan kadalaman 10 meter ini terlihat tenang dan indah. Namun, dibalik itu semua siapa sangka jika lebih dari delapan penyelam meninggal dunia di sumur ini.

Menyelam-di-Jacobs-Well
Menyelam di Jacobs Well Perlu Adrenalin Tinggi | Foto: whenonearth(dot)net

Jika kamu menyelam menelusuri sumur ini, maka kamu akan terbawa ke sebuah goa yang memiliki ke dalaman 40 meter. Mengapa demikian? Ya, karena sumur terindah di dunia terhubung dengan goa air bawah laut terbesar di Texas.

Goa terbesar di Texas itu terhubung dengan empat goa lain yang terdapat di kedalaman puluhan kaki di bawah permukaan laut. Ke empat goa-goa itu berbentuk seperti labirin yang mematikan. Banyak penyelam yang tersesat dan kehabisan oksigen di labirin ini yang kemudian meninggal dunia.

Atas beberapa kejadian maut yang menimpa para penyelam, akhirnya pemerintah setempat memberikan larangan untuk menyelam di sumur ini. Tapi larangan tersebut tak diindahkan para wisatawan yang nekat untuk menyusuri sumur Jacobs Well ini.

2. Thors Well

Thors-Well
Thors Well Sumur Terindah di Dunia | Foto: earthporm(dot)com

Thors Well atau Sumur Dewa Thor adalah sumur terindah di dunia yang berada di Cape Perpetua, Oregon, Amerika Serikat. Keindahan sumur ini memang tak ada dua, banyak fotografer yang datang ke sumur ini hanya sekedar untuk mengambil foto Thors Well.

Sumur Thors Well ini terciptakan karena patahan yang terjadi di laut. Sebenarnya sumur ini hanya sumur atau lubang patahan biasa, seperti Belize Grat Blue Hole atau Dean’s Blue Hole. Namun, yang menjadi keunikan dari sumur ini adalah jika ombak besar datang, sumur ini seperti memiliki air terjun yang indah dan menakjubkan.

Sumur Terindah di dunia ini sebenarnya tidak sedalam Jacobs Well. Kedalamannya hanya sekitar 6 meter saja. Tapi anehnya sumur ini tak pernah terisi penuh ketika ombak besar datang menghampirinya.

Foto-di-Thors-Well
Salah seorang fotografer tengah berpose di Thors Well | Foto: kevinandamanda(dot)com

Tidak hanya indah, sumur ini juga berbahaya dan mematikan. Karena siapa saja yang tercebur ke dalam sumur ini dipastikan tidak akan selamat. Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak memperdulikan resiko tersebut yang penting mereka mendapatkan foto kemegahan Thors Well ini.

3. Cenote Ik Kil

Cenote-Ik-Kil
Cenote Ik Kil Sumur Terindah di Dunia | Foto: flickr(dot)ccom

Conete Ik Kil adalah semua sumur peninggalan Suku Maya yang terletak di Chichen Itza, Mexico. Sumur ini memiliki lebar sekitar 60 meter dengan kedalaman mencapai 35 meter kaki. Cenote Ik Kil ini menjadi salah satu sumur terindah di dunia.

Conete Ik Kil ini terbentuk secara alami dari genangan air hujan. Sumur indah ini terisi oleh cucuran air hujan. Warna air sumur ini juga sangat jernih dan membiru.

Banyak orang menyebut tempat ini sebagai gerbang akhirat peninggalan peradaban Suku Maya. Dahulu di zaman Suku Maya, sumur indah ini digunakan sebagai penanda waktu. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat sekitar menyebut Cenote Ik Kil sebagai Cenote biru yang sakral.

Selain dijadikan penanda waktu, Conete Ik Kil sebenarnya sumber air tawar yang ada di bawah tanah. Sumur ini debit airnya tidak pernah surut walaupun pada musim kemarau dan warnanya pun tak pernah berubah.

Cenote-Ik-Kil-dari-atas
Berenang di Cenote Ik Kil | Foto: traveleering(dot)com

Sumur terindah ini sekarang telah menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Para wisatawan berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk merasakan sensasi berenang di birunya air sumur.

Ada dua pilihan jalan jika Anda ingin berenang di sumur ini. Bagi Anda yang memiliki adrenalin tinggi bisa loncat ke dalam sumur ini dari atas, nah jika Anda yang takut ketinggian bisa melewati anak tangga yang telah disediakan.

Harga tiket masuk wana wisata ini sebesar 60 peso atau sekitar Rp55.000 per orang dan untuk semua umur. Bagi Anda dan anak-anak yang tidak bisa berenang sebaiknya menyewa pelampung yang telah disediakan oleh pengelola. Anda tidak akan menyesal berlibur bersama keluarga ke sumur Cenote Ik Kil ini.

4. Bimmah

Bimmah-Sumur-di-Dunia
Bimmah Sumur Terindah di Dunia Ini Berada di Oman | Foto: visitheworld(dot)tumblr(dot)com

Bimmah adalah salah satu sumur paling indah di jagad ini. Bimmah merupakan sebuah lubang dangkal yang terisi penuh oleh air jernih dengan warna hijau kebirauan yang indah.

Sumur terindah di dunia ini bagaikan oasis yang terdapat di daratan Oman yang gersang. Letak Bimmah sendiri termasuk ke dalam The Hawiyat Najm Park, Muscat, Oman. Arti dari nama Hawiyat Najm adalah ‘bintang jatuh’. Maka dari itu, masyarakat sekitar meyakini kalau sumur ini terbentuk karena meteorit yang jatuh berabad-abad lalu.

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat itu, sebenarnya Bimmah ini sebuah lubang patahan. Lubang patahan yang terbentuk karena porses runtuhnya permukaan tanah secara alami.Kemudian lama-kelamaan lubang tersebut terisi air.

Berenang-di-Bimmah
Merasakan sensasi air di Bimmah, Oman | Foto: flickr(dot)com

Sumur ini memiliki lebar diameter sekitar 40 meter dengan kedalaman mencapai 20 meter. Bimmah ini tersohor karena airnya yang hijau kebiruan. Selain itu, di sumur ini juga hidup segerombolan ikan-ikan kecil.

Kini Sumur Bimmah menjadi tempat wisata favorit di Muscat. Biasanya para wisatwan yang datang hanya sekedar menikmati panorama yang luar biasa dan berenang menikmati segarnya air sumur ini.

5. Zacaton

Zacaton-Sinkhole
Zacaton Sumur purba terindah di dunia | Foto: tanyoe(dot)com

Sumur terindah di dunia selanjutnya adalah Zacaton. Sumur ini terbentuk dari aktifitas tanah yang alami tanpa campur tangan manusia. Selain sumur terindah, Zacaton sendiri disebut-sebut sebagai sumur purba yang tak berdasar.

Namun, ada sebuah penelitian yang menyatakan tentang kedalaman sumur Zacaton ini. isi penelitian tersebut adalah sumur Zacaton memiliki kedalaman hingga 335 meter dan ketinggian air hangatnya mencapai 319 meter.

Zacaton sendiri berlokasi di timur lau Tamaulipas, Meksiko. Keunikan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang ke sumur ini adalah airnya yang berwarna hijau serta hangat.

Menyelam-di-Zacaton
Menyelam di Zacaton Berbahaya Namun Membuat Penasaran | Foto: stoneaerospace(dot)com

Karena kedalamannya yang mencapai ratusan meter, oleh karena itu sumur ini dikategorikan ke dalam sumur yang bebahaya. Tapi tak sedikit penyelam yang mampu menaklukan sumur ini. Misalnya saja, ada salah seorang penyelam wanita bernama Ann Kristovich yang mampu menembus kedalaman sumur Zacaton ini hingga 169 meter.

Bukan Ann saja, salah seorang penyelam pria bernama Jim Bowden juga berhasil menaklukan kedalaman sumur purba ini. Ia berhasil mengalahkan Ann dan membuat rekor baru, yaitu mampu menyelami sumur ini hingga kedalaman 282 meter. Wow…

Sebenaranya masih banyak sumur-sumur indah di dunia ini, tapi itulah 5 sumur terindah di dunia yang memang memiliki keindahan luar biasa. Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa memang tidak ada yang bisa menandingi. Bagaimana? Apakah Anda ingin berkunjung ke salah satu sumur di atas?

Baca Juga: 10 Kesederhanaan Mark Zuckerberg yang Layang Banget Ditiru!