batu-akik-termahal-di-indonesia

Batu Akik! Batu mulia yang akhir-akhir ini banyak digandrungi masyarakat Indonesia memang sedang populer. Dari kalangan biasa hingga selebriti ikut menggemari batu akik. Banyak dari mereka yang sengaja mengoleksi batu akik yang berasal dari berbagai daerah.

Para pecinta akik patut berbangga hati, karena Indonesia memiliki batu alam yang melimpah. Selain indah, batu akik asal Indonesia juga bernilai cukup tinggi lho. Hampir diseluruh Indonesia batu akik dapat kita temui.

Begitu antusiasnya masyarakat Indonesia terhadap berbagai jenis batu akik. Bahkan, Indonesia juga hendak dijadikan surganya bagi para pecinta batu akik. Tidak hanya kolektor dalam negeri saja yang memburu akik, tapi para kolektor dari mancanegara pun khusus datang ke Indonesia hanya untuk berburu akik.

Beragam jenis dan warna batu akik memang menjadi daya tariknya sendiri. Hingga batu akik termahal di Indonesia pun masih diburu para kolektor akik dari berbagai Negara. Para pecinta batu akik tak hanya melulu dari kalangan dewasa, kini para remaja pun ikut menggandrungi batu akik.

Sekarang ini batu akik telah menjadi trend dan gaya hidup tersendiri. Oleh karena itu, bermunculan jenis batu akik termahal di Indonesia. Lantas apa saja jenis batuk akik termahal di Indonesia? Berikut ini adalah daftar 12 batu akik termahal di Indonesia:

Ini Dia 12 Batu Akik Termahal di Indonesia!

1. Batu Bacan

Batu-bacan-akik-termahal-di-indonesia

Siapa yang tak kenal dengan batu bacan? Dari orang dewasa hingga anak kecil pun tau jenis batu akik yang satu ini. Batu bacan adalah jenis batu akik asli Indonesia. Untuk pertama kalinya batu bacan ditemukan di daerah Halmahera, Maluku Utara, tepatnya di pulau Bacan.

Batu bacan umumnya berwarna hijau. Batu ini juga dikenal sebagai batu hidup. Banyak orang yang mempercayai bahwa warna dari batu ini akan berubah seiring dengan berlalunya waktu.

Batu bacan yang yang paling banyak dicari adalah batu bacan Doko dan batu bacan Palamea. Keduanya memang sama-sama berwarna hijau, namun batu bacan doko berwana hijau gelap sedangkan bacan Palamea berwarna hijau terang.

batu-akik-sby

Batu bacan populer dan banyak dicari sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memakainya. Namun, harga batu bacan memang sudah tinggi jauh sebelum presiden SBY mengenakannya. Kini kepopuleran batu bacan mampu menggeser batu giok Aceh. Kisaran harga batu mulia ini mencapai Rp150 juta.

2. Batu Safir

batu-safir-termahal-di-indonesia

Batu akik termahal di Indonesia selanjutnya adalah batu safir atau Sapphire. Batu ini termasuk ke dalam jenis batu permata yang paling diminati banyak kalangan. Batu safir juga tergolong batu populer baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Batu safir memiliki berbagai variasi warna, diantaranya warna biru, jingga, kuning, merah muda, hijau, dan ungu. Batu yang sangat indah ini juga memiliki beberapa khasiat lho. Salah satunya batu safir dipercaya mampu menenangkan pikiran bagi orang yang memakainya serta dapat memancarkan aura positif.

Batu safir ini termasuk mineral yang dikenal sebagai corundum dan umumnya digunakan sebagai permata cincin yang sangat indah. Kesan elegan dan mahal muncul saat memakai batu safir ini.

batu-yellow-safir-laku-675-juta-di-aceh

Seorang kolektor batu akik asal Aceh, Akmal, menjual batu yellow safir miliknya di Atjeh Batee Festival dan laku terjual dengan harga yang fantastis, yakni Rp675 juta. Batu tersebut dibeli oleh Datok hafif, seorang pengusaha emas dan hotel asal Sumatera Barat.

blue-belle-of-asia-safir-termahal

Jika di Indonesia batu safir termahal dijual dengan harga Rp675 juta, di dunia batu akik jenis safir “Blue Belle of Asia” berhasil dijual dengan US$ 17,6 juta atau berkisar Rp214 miliar. Dan ini menjadi rekor terbaru harga batu akik termahal di dunia.

3. Batu Zamrud

batu-zamrud

Batu Zamrud atau Emerald ini adalah akik jenis permata yang umumnya berwana hijau bening dan hijau tua. Batu ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai permata nan elok. Batu zamrud ini memiliki kekerasan batu yang cukup tinggi, yaitu 7,5 skala mohs. Batu zamrud ini dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi si pemakainya. Selain itu, banyak orang yang mempercayai bahwa batu ini mampu

mengatasi berbagai penyakit syaraf. Menurut beberapa legenda yang beredar, batu zamrud ini juga berguna dalam menguatkan memori ingatan, mempercepat daya pikir dan kretivitas pemiliknya.

Mahalnya harga batu zamrud ditentukan oleh warna dan ukurannya. Semakin hijau warna batu ini maka semakin mahal harganya. Begitu juga dengan ukurannya, semakin besar ukurannya maka harganya pun akan semakin mahal. Harga batu zamrud termahal di Indonesia terjual hingga Rp 30 juta.

4. Batu Ruby

batu-ruby-merah-delima

Batu Ruby atau baru merah delima ini termasuk batu akik yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Batu akik yang memiliki warna merah ini sangat cocok dipakai wanita. Tapi tak sedikit juga lelaki yang memakainya.

Batu Ruby juga termasuk batu akik termahal di Indonesia lho. Keindahan dan kesan mahal dari batu ini yang menjadi daya tariknya. Harga batu akik ini sangat ditentukan oleh warna batu, semakin merah berkilau harganya semakin tinggi. Selain warna, tingkat kejernihan dari batu ini juga menentukan harga jualnya, semakin jernih maka harganya pun semakin melambung. Harga batu Ruby atau merah delima ini berkisar hingga ratusan juta rupiah.

Batu Ruby asli jika disinari maka batu ini bersifat meneruskan cahaya yang melewatinya, atau memantulakan cahaya yang berbentuk six-point star atau three-ray. Hal tersebut dikarenakan batu ini memiliki serat didalamnya.

5. Batu Kalimaya

batu-kalimaya-black-opal

Para pecinta akik pasti tau dong batu kalimaya? Batu ini biasanya disebut dengan nama black opal. Batu kalimaya juga termasuk kedalam batu akik termahal di Indonesia lho. Dari kolektor akik dalam negeri hingga mancanegera memburunya.

Selain batu bacan, batu akik kalimaya ini juga menjadi primadona di masyarakat Indonesia. Pancaran warna yang dimiliki batu kalimaya inilah yang menjadi daya tariknya. Batu akik kalimaya ini termasuk kedalam batu jenis Kristal.

Batu kalimaya berasal dari Banten, tepatnya di keamatan Cimaraga, Maja dan juga sajira. Kualitas batu kalimaya asal Banten ini juga disejajarkan dengan kualitas batu black opal asal Australia.

Disamping keindahannya, batu kalimaya juga dipercaya mampu mempertinggi kapasitas mental dan perasaan cinta. Bahkan, pada jaman dulu batu ini dianggap lambing dari kejujuran dan rasa percaya diri para pamakainya.

Berkat keindahan warna yang dipantulkan batu kalimaya atau black opal ini menjadikannya sebagai batu termahal di Indonesia dengan kisaran harga Rp200 juta hingga Rp400 juta. Fantastis bukan.

6. Batu Giok

batu-giok-aceh

 

Siapa yang tak kenal dengan batu Giok? Batu akik yang berasal dari Aceh ini dinobatkan sebagai batu akik termahal di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Keindahan batu giok juga sudah tak diragukan lagi. Meskipun berbagai macam batu akik tengah naik daun, namun kepopuleran batu giok Aceh tetap menjadi yang paling diburu.

Warna hijau memang menjadi ciri khas dari batu giok ini. Selain warna hijau yang indah, khasiat dari batu giok juga menjadi daya tariknya sendiri. Khasiat dari batu giok yang diyakini masayarkat, antara lain:

• Mampu memikat lawan jenis. Batu giok dipercaya mampu memikat lawan jenis. Aura yang dipancarkan oleh batu ini diyakini sebagian penikmat akik mampu membuat hati lawan jenis damai ketika melihat pemakainya.

• Mampu menarik rezeki. Menurut mitos yang berkembang dimasyarakat, batu giok ini mampu mendatangkan sebuah berkah berupa rezeki.

• Batu giok juga dipercaya mampu membuat orang yang memakainya ditakuti lawan.

Semakin tingginya minat masyarakat terhadap batu akik belakangan ini, sehingga membuat harga batu giok ini semakin mahal. Batu giok Aceh ini pernah dijual dengan harga yang fantastis, yaitu Rp2,5 miliar di pameran “Indonesia Gamestone” Jakarta pada 2014 lalu.

7. Batu Lavender Spritus

batu-lavender

Batu Lavender Spritus ini berasal dari Baturaja, Sumatera Selatan. Warna ungu yang indah menjadi ciri khas dari batu akik ini. Selain memiliki keindahan, batu lavender ini juga memiliki beberapa manfaat yang dipercaya oleh sebagian masyarakat, diantaranya mampu membangkitkan aura positif dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, menimbulkan keharmonisan dan ketenangan, serta menjernihkan pikiran orang yang memakainya.

Batu Lavender ini juga pernah menjuarai sebuah kontes batu akik nasional. Sejak saat itu kepopulerannya meroket dan batu ini dihargai hingga Rp175 juta.

8. Batu Kecubung

batu-kecubung

Batu akik termahal di Indonesia selanjutnya adalah batu kecubung. Batu ini banyak dicari para peminat akik dan kolektor dalam negeri, karena memiliki kilauan warna yang indah dan beragam. Dari mulai warna ungu, hitam, hijau, hingga merah menyala.

Sama halnya seperti batu akik lain, batu kecubung juga memiliki khasiat yang dipercaya mampu membawa kesuksesan, dan memancarkan pesonan yang bagi pemakainya. Di Indonesia batu akik kecubung ini dibanderol hingga puluhan juta rupiah lho.

9. Batu Sungai Dareh

batu-sungai-dareh

Batu akik Sungai Dareh ini berasal dari Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Batu yang kini tengah menjadi incaran para kolektor dan penikmat akik tersebut termasuk ke dalam batu akik termahal di Indonesia.

Sama seperti batu bacan dan giok, batu Sungai Dareh juga umumnya berwarna hjau. Batu ini populer sejak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan sebuah cincin bertahtakan akik Sungai Dareh kepada Presiden Amerika Serikat, Barak Obama, sebagai kenang-kenangan.

Harga batu Sungai Dareh dengan kualotas tinggi tentu sangat mahal, namun untuk kualitas sedang banyak dijual di pasaran dan harganya juga cukup terjangkau. Batu akik Sungai Dareh ini dibanderol dari harga ratusan ribu hingga tembus Rp1,5 miliar.

Batu akik Sungai Dareh ini juga memiliki khasiat yang dipercayai sebagian orang. Batu ini disebut-sebut mampu mendinginkan suasana hati, karena pancaran sinar infra merahnya. Selain itu, batu ini memiliki manfaat mampu melancarkan metabolism tubuh yang memakainya.

10. Batu Topaz

batu-topaz

Di Indonesia batu topaz sering disebut dengan batu daud atau batu mirah cempaka dan batu selong. Batu akik ini memiliki beberapa variasi warna, seperti biru, kuning, dan jingga. Tingkat kesensitifan batu ini lebih tinggi dibandingkan dengan batu akik lain.

Meskipun batu topaz tergolong batu yang sangat keras, namun jika batu ini terbentur maka akan mengalami perubahan suhu yang lumayan ekstrim. Jika hal tersebut terjadi batu ini bisa langsung rusak atau retak. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki atau sedang berburu batu topaz ini harus menjaganya dengan hati-hati.

Batu topaz dengan kualitas yang cukup tinggi dibanderol jutaan hingga puluhan juta rupiah. Anda juga harus berhati-hati saat membeli batu topaz, karena sudah banyak batu topaz tiruan atau palsu.

Cara membedakan batu topaz yang asli dan palsu cukup mudah. Perhatikan warna pada batu, batu topaz asli memiliki warna yang pekat dan kental, sedangkan yang palsu warnanya sedikit encer dan pudar. Batu topaz asli memiliki cahaya yang berkilap dan sangat tajam. Sementara batu topaz palsu juga memiliki cahaya yang berkilap, namun tidak tajam.

11. Batu Labrador

batu-labrador

Heboh batu akik di Indonesia belum sempurna jika kita tidak melirik batu Labrador. Batu akik jenis ini memiliki pesona yang luar biasa, terutama di mata para penikmat dan kolektor batu akik.

Batu Labrador memiliki keunikannya sendiri. Batu ini memiliki warna dasar hitam pekat, namun ketika terpapar cahaya akan keluar pesona keindahannya. Cahaya yang memantul pada batu ini akan menghasilkan beberapa warna alami, yaitu kuning, biru kehijauan, dan beberapa warna lainnya.

Batu Labrador juga memiliki nama lain, yaitu Labradorite. Batu yang memiliki keindahan luar biasa ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Batu Labrador dengan kulitas super akan membuat peminatnya merogoh koceknya dalam-dalam. Untuk ukuran kecil saja batu ini dihargai hingga puluhan juta rupiah lho.

Ternayata bukan hanya sekedar batu saja, Labrador juga dipercaya memiliki manfaat bagi orang yang memakainya. Batu ini dipercaya sebagai media pengobatan penyakit yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan tubuh manusia. Selain itu, batu ini juga dipercayai mampu menghilangkan stress dan meningkatkan kinerja otak.

12. Super Giant Green Fluorite

batu-super-giant

Batu akik termahal di Indonesia yang terkahir adalah jenis batu super giant green fluorite. Warna hijau segar dari batu ini membuat mata yang memandang ingin memilikinya. Batu ini dipercayai berkhasiat menyejukkan hati siapa saja yang memakainya. Hingga saat ini batu super giant green fluorite dipatok dengan harga sekitar Rp30 jutaan.

Tak salah jika semua jenis batu di atas tergolong batu akik termahal di Indonesia. Karena keindahan dan keunikannya yang membuat batu-batu di atas dijual dengan harga yang fantastis. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi salah satu jenis batu akik di atas?