akibat peredaran darah tidak lancar
foto: lushzone.com

Akibat peredaran darah tidak lancar adalah terganggunya kesehatan tubuh. Peredaran darah berkaitan dengan kesehatan jantung. Jadi akibat peredaran darah tidak lancar bisa berupa terganggunya kesehatan jantung. Gejala dari peredaran darah yang tidak lancar antara lain pegal-pegal, kesemutan, sulit berkonsentrasi, lemas, dan lain-lain.

Pada dasarnya tubuh akan bereaksi jika ada yang tidak benar dalam sistem tubuh tersebut. Jadi rasa sakit dan rasa nyaman yang kita rasakan akibat peredaran darah tidak lancar tersebut sebagai peringatan tubuh tentang keadaan yang harusnya diperbaiki. Bagaimana cara mengatasi akibat peredaran darah tidak lancar? Cara mengatasinya bisa berupa pencegahan dan pengobatan. Pencegahan sebaiknya dilakukan sejak dini sehingga tidak menderita penyakit akibat peredaran darah tidak lancar ini. Pencegahan yang bisa dilakukan antara lain dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Pola makan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga sistem tubuh akan berjalan sebagaimana mestinya.

Makanan memang berpengaruh besar terhadap kesehatan tubuh kita begitu juga masalah peredaran darah. Pengobatan yang dilakukan jika peredaran darah tidak lancar bisa melalui makanan yang dimakan. Berikut beberapa jenis makanan yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah:

  1. Avokad

Avokad sering disebut sebagai makanan super karena banyaknya manfaat yang bisa didapat dari memakannya. Salah satu manfaatnya adalah melancarkan peredaran darah denggan menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, avokad juga dapat meningkatkan kolesterol baik.

  1. Gandum

Makanan yang terbuat dari gandum misalnya roti gandum, oatmel, cookies, dan lainnya dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit stroke. Minyak zaitun bisa digunakan untuk menggantikan minyak goreng saat memasak makanan.

  1. Asparagus

Sayuran asparagus ternyata sangat baik dalam melancarkan peredaran darah. Sayuran ini dapat melepaskan tekanan pada arteri, sehingga dapat mengakomodasi peradangan yang ada di dalam tubuh.

  1. Jus jeruk

Selain enak, jus jeruk juga banyak manfaatnya. Jus jeruk ini mengandung antioksidan yang dapat membantu fungsi dari pembuluh darah.