makanan-sehat-ibu-hamil
katalogbunda(com)

Kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangatn suami istri. Begitupula oleh orangtua mereka, yakni calon kakek dan nenek sang bayi. Pastinya mereka sangat menginginkan segera untuk menimang cucunya. Oleh karena itu, para bumil harus pintar memilih makanan sehat ibu hamil, yang tepat sasaran, dan memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang baik.

Makanan sehat ibu hamil merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi jika usia kandungan bumil (ibu hamil) di trimester pertama, usia dimana janin sedang tumbuh dan berkembang. Sehingga membutuhkan banyak nutrisi agar berkembang dengan baik dan sempurna.

Sebagian masyarakat Indonesia beranggapan, bahwa ketika seorang wanita hamil porsi makannya harus dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Bernahkah pernyataan tersebut? Jawabannya adalah salah. Yang benar adalah porsi makannya tetap sama saja, namun gizi dan nutrisinya yang harus 2 kali lebih banyak.

Lantas jenis makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat ibu hamil yang bergizi dan nutrisinya tinggi.

16 Jenis Makanan Sehat ibu Hamil

1. Sereal

sereal-makanan-sehat-ibu-hamil
klikdokter(com)

Jenis makanan sehat ibu hamil yang pertama adalah sereal. Ya, sereal bisa dijadikan menu sarapan ibu hamil di setiap paginya. Makanan yang satu ini sangat direkomendasikan para ahli dan juga dokter, karena dianggap mampu memenuhi 400 mikrogram asam folat yang dibutuhkan ibu hamil.

Sereal mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan pada awal kehamilan hingga 9 bulan kemudian. Didalam sereal juga terdapat vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin B adalah salah satu nutrisi yang wajib dipenuhi pada masa kehamilan.

2. Telur

telur-makanan-sehat-ibu-hamil
www.vemale(com)

Telur merupakan salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil. Kandungan gizi di dalam telur sangat dibutuhkan para ibu hamil. Telur mengandung 12 vitamin dan mineral, serta protein yang cukup tinggi. Kandungan protein dalam telur sangat diperlukan oleh janin untuk pembentukan sel-sel tubuh. Selain itu, telur juga mengandung kollin yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan otak pada janin.

3. Brokoli

brokoli-makanan-sehat-ibu-hamil
www.mercyfm(com)

Anda sedang hamil dan seorang vegetarian? Makanan sehat ibu hamil yang sangat cocok untuk Anda konsumsi adalah Brokoli. Karena, sayuran yang satu ini memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil, seperti kalsium dan asam folat.

Brokoli juga mengandung serat dan antioksidan yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, dan mampu menghindarkan ibu hamil dari berbagai penyakit. Sayuran hijau ini juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan pada masa kehamilan untuk menyerap zat besi lebih banyak lagi.

4. Pisang

pisang-makanan-sehat-ibu-hamil
www.program-hamil(com)

Buah pisang merupakan salah satu buah yang berperan sebagai sumber kalium. Kalium ini berguna sebagai penambah energi ibu hamil disaat ia merasa kelelahan. Daging buah pisang juga gampang dicerna oleh usus, karena teksturnya yang lembut.

5. Jeruk

jeruk-makanan-sehat-ibu-hamil
manfaat(co)

Anda pasti tau kan tentang tingginya vitamin C dalam buah jeruk? Ya, buah berwarna orange ini memang kaya akan vitamin C. Selain itu jeruk juga memiliki kandungan asam folat, serat, dan air yang banyak.

Salah satu manfaat dari buah jeruk adalah mampu memenuhi cairan dalam tubuh. Seorang ibu hamil juga harus menjaga kadar cairan didalam tubuhnya. Hal tersebut untuk menghindari ibu hamil mengalami dehidrasi yang dapat mengancam keselamatan sang janin. Maka dari itu, buah jeruk termasuk ke dalam makanan sehat ibu hamil.

6. Roti Gandum

roti-gandum-makanan-sehat-ibu-hamil
www.efektips(com)

Jika Anda seorang penggemar roti tawar, saat Anda hamil sebaiknya diganti dengan roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan serat, karbohidrat, dan zat besi yang membuat perut kenyang lebih lama. Setidaknya, makan empat lembar roti gandum dalam sehari mampu memenuhi 20 hingga 35 gram kebutuhan serat harian ibu hamil.

7. Kacang Lentil

kacang-lentil-makanan-sehat-ibu-hamil
halosehat(com)

Kacang-kacangan termasuk ke dalam jenis makanan sehat ibu hamil yang baik. Salah satu jenis kacang yang bergizi untuk ibu hamil adalah kacang lentil. Kacang ini mengandung protein yang cukup tinggi. Protein yang dimiliki kacang lentil mampu memenuhi kebutuhan protein ibu hamil. Anda bisa menambahkan kacang lentil di dalam salad yang Anda konsumsi atau juga dapat digoreng kering.

8. Ikan Salmon

ikan-salmon-makanan-sehat-ibu-hamil
anekainfounik(net)

Satu-satunya jenis makanan laut yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah ikan salmon. Mengapa dikatakan aman utnuk ibu hamil? Karena, ikan salmon memiliki kandungan merkuri yang lebih sedikit dibandingkan makanan laut lainnya. Ikan yang satu ini juga kaya akan nutrisi omega-3 yang baik untuk wanita hamil.

9. Keju

keju-makanan-sehat-ibu-hamil
saatnyamakan.blogspot(com)

Ternyata, tak semua keju termasuk ke dalam makanan sehat ibu hamil. Keju yang paling tepat untuk ibu hamil adalah keju cheddar dan keju mozzarella. Kedua jenis keju tersebut mampu menyumbangkan nutrisi kalsium dan protein yang tinggi untuk tubuh ibu hamil. Dalam setiap ons kedua keju tersebut memiliki 150 hingga 200 miligram kalsium.

10. Daging Tanpa Lemak

daging-tanpa-lemak-makanan-sehat-ibu-hamil
www.lookbook(id)

Daging merupakan sumber zat besi hewani yang dibutuhkan dua kali lipat oleh ibu hamil dan juga berperan sebagai penambah energi. Tapi, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi daging yang tanpa lemak. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak menimbulkan masalah pasca melahirkan atau bahkan saat masa kehamilan. Masalah yang dapat timbul jika ibu hamil mengkonsumsi daging berlemak adalah kegendutan.

11. Susu Tanpa Lemak

susu-tanpa-lemak-makanan-sehat-ibu-hamil
www.kantorberitaindonesia(com)

Ibu hamil juga membutuhkan kalsium yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan kalsium, wanita hamil bisa mengkonsumsi susu tanpa lemak. Karena, setiap gelas susu tersebut mampu menyuplai 30% kalsium pada tubuh.

12. Oatmeal

oatmeal-makanan-sehat-ibu-hamil
www.kesehatanpedia(com)

JIka Anda kurang suka atau merasa bosan sarapan dengan sereal. Ada alternatif lain untuk menggantinya, yaitu dengan oatmeal. Bubur gandum ini juga bermanfaat untuk menambah energi ibu hamil. Energi tersebut dihadirkan oleh karbohidrat kompleks yang terdapat pada oatmeal. Makanan sehat ini juga baik untuk penderita kolestrol tinggi lho.

13. Makanan Olahan Kacang Kedelai

olahan-kedelai-makanan-sehat-ibu-hamil
pecintaanakyatim(com)

Makanan sehat ibu hamil selanjutnya adalah berbagai makanan yang berasal dari olahan kacang kedelai. Makanan berbahan kacan kedelai mampu menjadi sumber protein yang baik untuk ibu hamil, contohnya tahu dan tempe. Kedua makanan tersebut terkenal akan kandungan proteinnya. Keduanya juga termasuk makanan murah meriah dan aman untuk ibu hamil.

14. Alpukat

alpukat-makanan-sehat-ibu-hamil
www.ibu-hamil.web(id)

Buah yang satu ini memiliki kandungan lemak nabati yang tergolong jenuh dan baik untuk tubuh. Lemak yang terkandung dalam alpukat juga membantu pembentukan fungsi memori sang bayi di dalam rahim. Alpukat juga mengandung asam folat, vitamin B kompleks, dan kalium yang berguna untuk perkembangan tulang belakang sang janin.

Alpukat cocok dikonsumsi ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama, karena dapat mengurangi rasa mual dan muntah.

15. Apel

apel-makanan-sehat-ibu-hamil
www.ibu-hamil.web(id)

Buah Apel sangat dianjurkan dikonsumsi para bumil. Karena, kandungan nutrisi buah apel yang mudah dicerna oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari mampu membantu perkembangan janin. Buah ini juga dapat mengatasi masalah diare dan sembelit yang serting terjadi ketika hamil.

16. Sayur Bayam

sayur-bayam-makanan-sehat-ibu-hamil
breaktime.co(id)

Telah diketahui bahwa rata-rata sayuran hijau, seperti bayam mengandung asam folat dan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan janin di dalam rahim dan memberikan nutrisi yang bergizi untuk sang calon bayi.

Itulah 16 jenis makanan sehat ibu hamil yang bergizi dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan para bumil. Jadi, mulai sekarang para bumil tidak usah bingung memilih makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Pilihlah makanan yang bergizi dan nutrisi tinggi untuk si Calon Bayi!