ebook
studentzoom.com

Jaman era digital seperti saat ini baiknya tiap orang yang bersinggungan dengan data seperti mahasiswa, karyawan, peneliti hingga professional harus bisa memanfaatkan yang ada di dalamnya. Salah satu kemudahan yang diberikan teknologi adalah membuat buku dalam bentuk digital.

Buku digital saat ini telah menggantikan buku konvensional yang ada saat ini. Dalam satu folder bisa digunakan untuk menyimpan puluhan hingga ratusan atau ribuan file buku.

Buku digital tentu akan sangat mengamankan asset atau data yang dimiliki dan kelak bila membutuhkan data tersebut akan sangat mudah dalam mencarinya kembali. Buku digital ini bisa diakses tidak hanya menggunakan PC atau laptop tapi bisa juga menggunakan gadget atau smartphone.

Bagi yang belum bisa membuat buku digital berikut tutorial atau cara membuat buku digital dan program yang digunakan adalah flip book maker dimana siapapun bisa men-download secara gratis.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload software flip book maker. Aplikasi ini mudah ditemukan di google dan kemudian tinggal di instal pada laptop. Setelah itu buka flip book maker lalu tambahkan file yang hendak dimasukkan dalam buku digital. Baiknya format file yang digunakan adalah PDF karena jenis file ini memang yang disarankan, kemudian tinggal klik Add File.

Flip Book Maker
widiari.com

Selain berupa data tulisan atau gambar file suara dan musik pun bisa dimasukan dan caranya sama saja. Agar tampilannya bagus setiap pemilik buku bisa menyesuaikan bentuk buku digital yang dimiliki sesuai dengan selera dengan memilih Style.
Style
widiari.com

Bila telah yakin dengan bentuk buku digital yang dikehendaki dengan meng-klik Publish
maka buku digital telah siap dibaca siapapun.
Publish
widiari.com

Di dalam buku digital ada beberapa kode yang harus dicermati. Kode tersebut antara lain ;
SWF : adalah salah satu bentuk file yang dapat dibuka dengan bantuan flash player.
EXE
: jenis file ini membuat buku bisa dibuka dimanapun sehingga tidak tergantung dengan software tambahan.
HTML : berbagai publikasi dalam format HTML memungkinkan bisa dibuka dengan aplikasi web browser yang ada pada website.
Email
: sarana untuk mengirimkan buku yang telah jadi, siapkan email pribadi karena hasil dari buku digital tersebut akan masuk ke email.
Outpur Path : tempat dipilih untuk menyimpan buku digital.
File Name
: beri judul buku digital yang telah siap pakai sesuai dengan keinginan
Bila telah sesuai tinggal klik Ok.