kesehatan jantung
sumber: ehow(com)

Kesehatan jantung amat penting bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa jenis makanan yang harus diperhatikan agar tidak terlalu banyak dimakan oleh penderita penyakit jantung. Namun ada juga beberapa jenis makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Diet yang benar dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita.

Berikut ini beberapa cemilan sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung:

1. Oatmeal

Oatmeal memang sudah dikenal sebagai makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Oatmeal tidak hanya bisa digunakan untuk sarapan saja tapi juga cocok untuk menu makanan siang hari. Protein yang terkandung di oatmeal baik bagi jantung, begitu juga rendahnya kandungan kolesterol di dalamnya.

2. Ikan

Salah satu cemilan ideal untuk jantung adalah tuna. Tuna kaya akan kandungan omega-3, yang akan membantu mencegah terjadinya serangan jantung. Ikan tuna dapat dimasak menjadi berbagai olahan makanan, dan rasanya juga lezat.

3. Kacang walnut

Kacang walnut memiliki reputasi yang baik untuk kesehatan jantung. Ini juga mengantung asam lemak omega-3 yang baik bagi jantung.

4. Smoothie sehat

Smoothie dari pisang, mangga, dan bayam, bisa dijadikan cemilan sehat untuk jantung. Tambahkan susu almond untuk menambah kelezatannya. Bayam banyak mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin A, mangan, zinc, dan juga selenium.

5. Kacang kedelai

Menambahkan kacang kedelai ke menu makananmu berguna bagi jantung. Kacang kedelai memiliki lemak yang rendah dan bebas dari lemak trans. Ini juga mengandung vitamin E, omega-6 dan juga omega-3 yang baik bagi kardiovaskular.

6. Ubi jalar

Ubi jalar yang manis merupakan makanan super yang mengandung kalsium, potasium, vitamin A serta vitamin C. Ubi jalar juga bebas lemak, rendah sodium, dan salah satu sayuran yang berntrisi dan sumber serat yang baik dengan kadar LDL yang rendah.

7. Cokelat

Cokelat yang murni baik juga bagi jantung. Kita bisa menggunakannya untuk membuat makanan lain seperti chocolate tofu banana mouse. Cara membuatnya yaitu dengan memblender pisang, tofu, dan juga cokelat bubuk. Tambahkan sirup maple atau susu bebas lemak dan cinnamon.

8. Teh hijau

Selain makanan, minuman seperti teh hijau juga baik bagi jantung. Teh hijau mampu meningkatkan peredaran darah.