Quran reader

Kini banyak sekali aplikasi Al Quran yang beredar luas di internet.  Fenomena ini memang lumrah adanya karena sekarang serba digital. Termasuk kitab suci pun dikonversi menjadi gital agar bisa di baca melalui perangkat komputer dan smartphone.

Namun tak sedikit software development yang membuat aplikasi kitab suci Islam ini kurang tepat, tanpa melibatkan ustadz dan ahli dalam kajian Islam. Banyak ditemukan kesalahan penulisan, dan peletakan tanda baca.   Sehingga dikwatirkan menyesatkan pembacanya, karena jelas ada pergesaran arti dan kekeliruan dalam membacanya.  Kondisi ini akhirnya membuat Kementerian Agama Republik Indonesia turun tangan.   Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin berencana akan melakukan sertifikasi terhadap software Al Quran yang beredar di pasaran dan internet.

Pilih Aplikasi Al Quran versi Android atau PC ?

Sejak telepon seluler dibuat semakin pintar  dan kinerjanya menyerupai komputer, berbanding lurus dengan industri  software development.  Kini perangkat smartphone juga bisa dipakai untuk menjalankan sejumlah aplikasi seperti yang ada  pada PC, termasuk juga untuk membaca Al Quran.

Kini kita disodorkan dua opsi Al Quran versi digital yakni  untuk PC atau smartphone. Pilihan terakhir ini juga  dibagi menjadi dua versi OS, Android dan iOS.

Kelebihan versi PS atau laptop antara lain menawarkan tampilan yang lebih lebar dan tulisan –tulisan pada ayat suci bisa dibaca jelas. Selain itu juga membaca melalui PC atau laptop lebih stabil karena tidak tergantung dengan kapasitas baterai.

Sementara menyimak Al Quran dengan perangkat smartphone lebih  fleksible dan bisa dibaca kapan saja. Misalnya ketika mengendarai bus kota atau kereta api, mengisi waktu luang dan sebagainya. Hanya saja kelemahan  ketika batre smartphone habis, mendadak langsung mati.

Aplikasi Al Quran terbaik versi os Android dan PC

Berikut ini kumpulan software Al Quran versi Android dan pc yang direkomendasikan untuk didownload.

  1. Islam: The Qur’an

islam Quran

Islam : The Quran merupakan software berbasis OS Android yang bisa di install di smartphone maupun di tablet.  Aplikasi ini banyak dicari karena menyajikan fitur komplit. Diterjemahkan dengan beberapa bahasa asing termasuk Indonesia. Diiringi dengan suara murotall  dari qari terbaik. . Banyak pilihan yang tersedia untuk memfasilitasi surah belajar.

  1. MyQuran Indonesia

my quran lite1

Inilah salah satu aplikasi terbaik bikinan Indonesia.  Diakui oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. My Quran Indonesia menampilkan interface yang indah, tulisannya cukup besar nyaman dibaca.bahkan bisa diatur ukurannya melalui fitur zoom font.  Tersedia navigasi untuk mencari surat, ayat dan juz. Ada penanda buku saat  kita jeda.

  1. iQuran Android

iquran

iQuran Android termasuk aplikasi yang paling favorit, tercatat  sudah diunduh 50 juta pengguna lebih.  Aplikasi ini menawarkan tampilan yang sederhana, deretan huruf arab ditulis sangat jelas dengan tinta tebal. Juga tersedia terjemahan dari berbagai bahasa termasuk Indonesia, uniknya terdapat modus malam bila kontras terlalu tinggi.

  1. Quran Reader

Quran reader

Quran Reader merupakan perangkat unik untuk membaca Al Quran dengan melalui pen elektronik. Tool ini memiliki kemampuan memindai tulisan Arab dan kemudian secara otomatis bisa keluar suara cara membacanya.  Aplikasi ini cocok bagi pembaca pemula untuk belajar membaca Al Quran.

  1. Holy Quran Book for Windows 3.0

holy quran book for window

Holy Quran Book For Windows seri 3.0  termasuk edisi baru yang patut dicoba.  Software ini termasuk lengkap dan disertai terjemahan dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya. Selain itu kapasitas file sangat ramping, tidak memberatkan kinerja PC atau notebook.