Ada Banyak Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan
Ada Banyak Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan | sumber: servingjoy(com)

Khasiat teh hijau tak akan hilang ditelan oleh para peminumnya atau oleh komunitas pecinta teh hijau yang rutin meminum teh hijau setiap hari. Tapi, khasiat dari teh hijau ini bisa saja hilang ditelan oleh sesuatu yang rasanya manis, tetapi sebenarnya efeknya kronis.

Apa yang menyebabkan khasiat teh hijau ini bisa hilang dan tak berefek apa pun bagi kesehatan?

Khasiat Teh Hijau untuk Kecantikan Bisa Hilang Jika Dicampur dengan Bumbu Ini!

Khasiat teh hijau sudah sangat lama dikenal sehingga disebut sebagai minuman sehat yang legend banget pokoknya. Ya, teh hijau memang sudah sejak ribuan tahun lalu dimanfaatkan menjadi obat tradisional atau herbal. Di Asia khususnya, teh hijau ini biasa dipakai sebagai obat untuk mencegah kanker dan menurunkan tekanan darah.

Tapi, khasiat teh hijau tersebut tak akan maksimal atau bisa hilang karena mencampurkannya dengan sesuatu yang sering dan tak asing lagi dalam kehidupan manusia sehari-hari. Apa nama benda tersebut?

Jangan Minum Teh Hijau Campur Gula!

IMG_1909

Gula memang diperlukan untuk tubuh, tetapi dalam jumlah tertentu dan tak boleh terlalu banyak. Untuk pemanis minuman pun seperti teh hijau, pemakaian gula jangan terlalu banyak dan dianjurkan jangan menambahkan gula ke dalam teh hijau.

Hal tersebut karena khasiat teh hijau tanpa gula jauh lebih bagus daripada bila Anda menambahkan minuman teh hijau dengan gula ke dalamnya.

Gula adalah zat yang bisa menggemukkan badan, sehingga sebaiknya dihindari pemakaiannya, karena khasiat dari teh hijau ini akan sia-sia jadinya jika Anda menambahkan gula ke dalamnya.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus terpaksa merasakan pahitnya teh hijau tanpa gula karena gula berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengganti gula sebagai pemanis teh hijau, Anda bisa mencampurkan madu asli atau stevia ke dalam minuman tersebut. Keduanya adalah pemanis alami yang aman, sehat, dan yang pasti tak akan menyebabkan obesitas.

Di sisi lain bahayanya teh hijau dicampur gula, ternyata mengonsumsi teh hijau secara berlebihan, akan menyebabkan sakit kepala atau diare. Hal ini karena di dalam teh hijau terkandung zat kafein yang bisa menyebabkan insomnia.

Manfaat Teh Hijau yang Tersembunyi

Manfaat Teh Hijau yang Tersembunyi
Manfaat Teh Hijau yang Tersembunyi | sumber: www.wallpapersonly(net)

Pada dasarnya, kenapa teh hijau sangat bermanfaat bagi manusia adalah karena mengandung polyphenol, sejenis antioksidan yang sangat baik untuk tubuh, yaitu bisa mencegah penyebaran sekaligus pertumbuhan sel kanker di dalam darah.

Sementara itu, sejumlah riset pun berhasil menyimpulkan bahwa para peminum teh hijau secara berkala mampu menekan risiko kanker usus, kanker perut, kanker payudara, dan kanker prostat.

Tak hanya sampai di situ, masih ada ribuan lagi khasiat teh hijau untuk kesehatan, di antaranya sebagai berikut ini.

1. Antiseptik Alami

Teh Hijau Bisa Dijadikan Antiseptik Alami
Teh Hijau Bisa Dijadikan Antiseptik Alami | sumber : ramuanherbalmujarab(com)

Teh hijau adalah antiseptik alami untuk mengobati bengkak dan gatal-gatal. Cara mengobatinya adalah dengan meletakkan sejumput teh hijau di bagian kulit yang sedang terbakar sinar matahari, radang, sampai noda kehitaman.

2. Melindungi Kulit

Teh Hijau Mampu Menyegarkan Kulit
Teh Hijau Mampu Menyegarkan Kulit | sumber: www.skinhealthbenefits(com)

Selain mengatasi gatal-gatal dan bengkak di kulit, teh hijau ternyata bisa juga dijadikan obat luar untuk melindungi dan menyejukkan kulit. Anda tidak percaya?

Dalam sebuah percobaan, teh hijau yang langsung diaplikasikan pada kulit ataupun dikonsumsi ternyata mampu melindungi kulit dari bahaya buruk sinar matahari penyebab penyakit kanker kulit.

3. Obat Awet Muda

Teh Hijau Obat Awet Muda
Teh Hijau Obat Awet Muda | sumber: www.healthsitescatalog(com)

Ingin tampak terlihat awet muda? Teh hijau dijamin akan membuat Anda terlihat lebih muda. Makin sehat pembuluh darah arteri, makin terlihat muda serta sehat bagi yang mengonsumsi teh hijau.

Paling tidak, setiap 10 ons teh hijau yang dikonsumsi tiap hari, khasiatnya mampu mengabsorbsi pembuluh darah arteri dari kelebihan kolesterol ataupun lemak.

4. Mencegah Kebotakan

Teh Hijau Mampu Mencegah Kebotakan
Teh Hijau Mampu Mencegah Kebotakan | sumber: obatbotak(org)

Kebotakan adalah masalah kesehatan yang sering menimpa para kaum pria. Kebotakan ini muncul dikarenakan lemahnya akar dan juga batang rambut.

Nah, kabar gembira bagi Anda yang mengalami masalah ini karena teh hijau bisa membantu rambut untuk melakukan regenerasi kembali secara cepat.

Khasiat teh hijau untuk kesehatan memang sangat luar biasa, tetapi jika minuman teh hijau dicampur gula, khasiatnya justru menjadi biasa-biasa saja dan tak berarti apa pun bagi kesehatan Anda. Jadi, jangan campur teh hijau dengan gula!