quantitatif analysis

Memilih contoh proposal penelitian kuantitatif  yang tetap untuk penyusunan tugas akhir memang sangat membingungkan bukan? Menentukan objek penelitian tak bisa dilakukan secara spontanitas, melainkan harus harus mempelajari dulu literature dan konsultasi dengan dosen yang berkompeten.

Membuat proposal adalah syarat pertama untuk menyusun tugas akhir seperti skripsi atau tugas akhir studi.  Sementara fungsi proposal adalah ulasan tentang rencana penyusunan tugas akhir dengan pendekatan penelitian kuantitatif.

Pengertian penelitian kuantitatif

quantitatif data

 

Metode penelitian kuantitatif banyak dipakai oleh mahasiswa atau praktisi pendidikan untuk meneliti sebuah objek atau masalah yang dijadikan sebagai tema penyusunan makalah atau karya ilmiah.

Sementara definisi penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang bersifat induktif, objektif dan ilmiah di mana data yang di peroleh berupa angka-angka atau penjelasan – penjelasan hasil analisa statistik.

Penelitian kuantitatif dibagi menjadi dua metode yakni metode eksperimental dan non eksperimental. Pengertian dari metode eksperimental adalah cara untuk mencari hasil atau hubungan dari sebab dan akibat dengan cara menempatkan objek peneliti pada sebuah kondisi eksperimental. Kedua metode penelitian tersebut masing –masing memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Tema –tema penelitian kuantitatif

Sifat pendekatan riset kuantitatif tidak dilakukan secara langsung, melainkan menggunakan data-data yang ada.  Meski demikian objek penelitiannya tak terbatas. Metode ini dipakai pada semua disiplin ilmu seperti ilmu eksakta maupun ilmu-ilmu sosial, dari fisika, biologi, kimian  hingga sosiologi dan jurnalisme bisa melakukan dengan pendekatan metode ini.

Berikut ini spesifikasi tema-tema yang banyak diteliti dengan metode kuantitatif yang  banyak dicari di kalangan dunia pendidikan.

  • Sosial

social research

Penelitian kuantitatif bisa dipakai untuk meneliti  permasalahan di bidang sosial.  Penelitian ini bisa dilakukan dengan mempelajari data-data yang ada.

Ada banyak tema –tema objek penelitian  yang bisa diangkat pada bidang sosial.   Tema ini sangat dengan dengan kita, karena pada dasarnya manusia itu hidup bersosial. Jadi peneliti sangat tahu akan permasalahan yang tengah terjadi di masyarakat.

 

  • Pendidikan

research education

Bidang pendidikan menempati urutan teratas objek penelitan quantitative.  Pendidikan merupakan kebutuhan wajib masyarakat modern.    Di Indonesia dunia pendidikan sekarang menjadi prioritas pembangunan nasional. Namun sayangnya masih banyak kendala terkait pendidikan.  Misalnya  kendala kurikulum, media ajar dan masih banyak lagi.  Kendala tersebut menjadi point menarik untuk  diangkat menjadi tema  makalah, atau karya ilmiah.  Penelitian di bidang pendidikan banyak dilakukan oleh mahasiswa, guru, dan dosen.

Kelebihanya ada banyak data yang tersedia untuk mendukung metode penelitian kuantitatif. Sehingga kita tidak perlu turun ke lapangan mencari data dan fakta riil.

  • Sosial Media / Sosmed

social media

Siapa sih yang tak kenal Facebook? Hampir  setiap orang punya akun facebook.  Sosial media atau socmed sekarang naik daun sebagai objek riset di kalangan dunia akademisi.  Di jaman serba komputer dan telpon genggam menjadi kebutuhan wajib, kini justru menyingkirkan prilaku bermasyarakat.

Gambarnya kini hanya sekedar bertegur sapa bisa menggunakan akun pribadi di sosial media seperti twitter, path dan facebook. Para akademisi sudah lama meneliti dampak samping terkait penggunaan sosial media, terhadap berbagai aspek.

Demikianlah sekilas tentang review contoh proposal penelitian kuantitatif. Semoga setelah membaca artikel ini pembaca bisa menemukan solusi yang tepat untuk menyusun sebuah karya ilmiah dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif.