mengempukkan daging
foto: 1zoom.me

Banyak orang berusaha untuk mengempukkan daging karena jika dimasak biasa daging tersebut keras, misalnya daging kambing. Sebenarnya tak semua daging kambing keras, begitu juga daging sapi. Cara masak yang benar dengan tambahan bahan untuk memasak menjadi kunci untuk dapat membuat daging menjadi empuk. Daging yang empuk sehingga mudah untuk digigit memang cocok bagi sebagian orang, tapi tak semuanya juga suka dagingnya terlalu empuk. Sebenarnya ada produk bubuk khusus yang dibuat untuk membuat daging empuk, tapi jika tak menemukan produk tersebut dapat menggunakan bahan-bahan alami.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengempukkan daging:

  1. Menggunakan nanas
mengempukkan daging
foto: www.medicalnewstoday.com

Buah nanas dapat membuat daging empuk, tapi perlu hati-hati dalam menambahkan nanasnya. Tentunya kita tak ingin daging kita menjadi terlalu empuk, dan sebagian orang juga tetap ingin mempertahankan tekstur daging yang sebenarnya. Menambahkan nanas bisa dilakukan saat daging masih mentah atau belum dimasak. Potong-potong nanas lalu campur potongan nanas tersebut pada daging yang ingin diempukkan. Jangan terlalu lama melakukannya, cukup 10-20 menit saja. Selanjutnya daging bisa diolah sesuai dengan keinginan kita. Nanas memang dapat mengempukkan daging tapi kadang jika terlalu lama tekstur daging menjadi tidak sama lagi, dan juga terlalu empuk.

  1. Menggunakan daun pepaya
mengempukkan daging
foto: www.gaiahealthblog.com

Selain nanas, daun pepaya juga dapat digunakan untuk membuat daging empuk karena mengandung enzim papain. Remas-remas daun papaya sehingga keluar getahnya. Baluti daging dengan daun papaya yang sudah diremas-remas tersebut dan biarkan dalam satu sampai dua jam agar daging menjadi empuk.

  1. Menyimpan di dalam freezer

Daging segar bisa disimpan di dalam freezer terlebih dahulu sebelum diolah. Taruh di dalam freezer selama satu hari. Setelah itu daging bisa dikeluarkan dan diolah, jika terlalu keras atau beku bisa disiram dengan air mengalir sebelum diolah.

  1. Menggunakan cuka
mengempukkan daging
foto: cdn3.collective-evolution.com/

Cuka bisa digunakan untuk mengempukkan daging, misalnya dengan menggunakan cuka apel. Jika daging berat seperti kambing atau domba dapat disiram dengan air cuka lalu disimpan di lemari es semalaman, sedangkan jika daging ayam bisa didiamkan selama maksimal dua jam saja.