cara menggambar anime
Demam anime kini telah merajalela ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Selain suka dengan filmnya, banyak juga yang tertarik untuk belajar cara menggambar anime.

Mudahnya Cara Menggambar Anime

Tak sedikit orang yang tertarik untuk menginjakkan kaki di negeri Sakura hanya untuk belajar tentang cara pembuatan anime. Namun untuk bisa mendapatkan pengajaran tersebut, mau tak mau harus mengorbankan waktu dan juga uang yang tidak sedikit.

Iya, banyak yang rela menyisihkan waktu dan uang untuk bisa menjadi animatoe hebat. Animator merupakan sebutan untuk pembuat anime. Mengapa banyak yang tertarik menjadi animator? Apakah gajinya sangat menggiurkan?

Jawabannya pun mengejutkan, ternyata gaji animator tak sebanding dengan kerja keras mereka. menjadi seorang animator secara tidak langsung menerjunkan kita ke dalam dunia seni. Dan dalam dunia seni, gaji adalah nomor kesekian setelah kepuasan. Kepuasan atas karya sendiri adalah kebanggaa yang tak ternilai.

Selain ada rasa kepuasan tersendiri, menjadi seorang animator itu terlihat keren. Bagaimana tertarik belajar menggambar anime?  Nah, daripada jauh-jauh ke negeri Sakura, lebih baik belajar sendiri di rumah. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Teknik Dasar Menggambar Wajah Anime

Cara menggambar anime itu beragam. Contohnya dengan memanfaatkan kecanggihan internet. Anda bisa searching di google dengan kata kunci “cara menggambar anime”. Nanti akan muncul daftar situs yang memuat artikel tersebut.

Nah, pilihlah teknik dasar menggambar manga untuk pemula. Adapun cara sederhana menggambar anime adalah sebagai berikut.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan sudut. Sudut yang paling sering ialah sudut yang tampak depan, samping, dan ¾ depan. Nah untuk lebih jelas, ini dia cara mudah menggambar wajah anime.

1. Menggambar Wajah Anime Tampak Depan

Langkah pertama buat pola dasar lingkaran dan garis. Kemudian, buatlah bentuk alis di antara garis seperti gambar di bawah ini.

wajah a1

Selanjutnya, bentuk pola dasar di bawah alis dan bentuk detail mata. Lalu tambahkan bentuk bubur dan hidung seperti gambar di bawah ini. Usahakan jarak antara bibir dan hidung tidak terlalu dekat.

wajah a2

Nah, setelah selesai menggambar bagian muka, buatlah pola rambut. Pembuatan pola rambut ini disesuaikan dengan pola dasar yang sudah ada, seperti gambar berikut.

gambar a3

Apabila keseluruhan sketsa sudah selesai, tebalkan gambar dengan drawing pen atau spidol. Tujuannya agar gambar terlihat jelas, seperti halnya gambar di bawah ini.

gambar a4

2. Menggambar Wajah Anime Tampak ¾ Depan

Nah, untuk menggambar wajah tampak ¾ depan, seperti gambar a.1. Setelah itu, buatlah pola mata sama halnya dengan gambar a.2.

wajah b1

Langkah selanjutnya adalah membuat rambut. cara membuat pola rambutnya adalah dari depan. Nah, untuk memberikan kesan manis, Anda bisa menambahkan aksesoris tali kepala di rambut bagian belakang. Rapihkan gambar dan hapus pola gambarnya.

wajah b2

Jika pola gambar sudah dihapus, Anda bisa menebalkan gambar dengan drawing pen atau spidol. Tujuannya agar setiap pola pada wajah bisa terlihat dengan jelas, seperti gambar dibawah ini.

wajah b3

3. Menggambar Wajah Anime Tampak Samping

Lalu, bagaimana untuk cara menggambar anime tampak samping? Adapun tahap-tahapnya adalah sebagai berikut.

Pertama-tama buatlah pola dasar samping terlebih dahulu. Pola samping yang terdiri dari bulatan dan garis seperti gambar dibawah ini.

gambar c1gambar c1

Setelah itu, perhatikan pola dasar untuk membentuk dagu, bibir, dan hidung. Dan dilanjutkan dengan menggambar pola membentuk mata dan rambut seperti gambar di bawah ini.

gambar c2

Jangan lupa selesaikan bentuk bagian rambut dan rapihkan polanya. Setelah itu, tebalkan gambar dan hapus polanya. Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

gambar c3

Itu dia teknik dasar membuat wajah anime. Bagaimana, mudah bukan? Pada dasarnya, kunci utama dalam belajar menggambar anime adalah mau mencoba. Dengan demikian, lambat laun juga akan jago dalam menggambar anime.

Sekian ulasan mengenai cara menggambar anime. Semoga informasi yang disajikan bermanfaat.