anak smk

Wabah bully kini menyebar luas, baik di kalangan artis, anak muda, pengusaha, pemerintah, dan lain-lain. Namun dari sekian banyak kalangan, nah yang paling sering dibully adalah siswa SMK.

Dulu Dibully Kini Dipuji, Ini Dia Prestasi Siswa SMK

Lalu, apa yang menjadi bahan bully-an anak smk? Dan siapa yang membully anak SMK? Iya, siapa lagi kalau bukan anak SMA. SMA dan SMK pada dasarnya sederajat, namun hal-hal sepele kadang membuat keduanya berselisih paham.

Tak jarang, anak SMK menjadi korban bully-an anak SMA. Anak SMK dianggap hanya pintar dalam berkelahi, dibandingkan prestasi. Maklum dulu, anak-anak SMK siswanya laki-laki semua dan sering kali terlibat tawuran dengan sekolah lain.

Selain itu, hal lain yang menjadi bully-an terhadap anak SMK adalah gelar sarjana. Iya seperti yang kita tahu, anak SMA biasanya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan akhirnya mendapat gelar sarjana.

Berbeda halnya dengan anak SMK. Anak SMK udah dibekali kemampuan untuk bisa terjun ke dunia kerja. Sebagian besar dari mereka lebih memilih untuk kerja dibanding dengan kuliah. Tak heran, jika lulusan SMK hanya sedikit yang ber-gelar sarjana.

Namun rasanya opini seperti itu tak berlaku lagi. Buktinya tak sedikit anak SMK yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan akhirnya mendapatkan gelar sarjana. Sebaliknya, anak SMA justru lebih banyak yang langsung kerja.

Jadi, SMA atau SMK sama aja, sama-sama berpeluang buat kerja dan dapat gelar sarjana. Nah, jadi gak ada alasan lagi buat bully anak SMK. Karena ternyata banyak penemuan siswa SMK yang mengagumkan.

Dari sekian banyak penemuan, ada 5 penemuan siswa SMK yang mengagumkan. Adapun 5 penemuan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Mematikan Motor dengan Menelponnya

motor anti begal

Teror begal kini semakin merajalela. Lantas, bagaimana cara terbaik melawan aksi pembegalan? Karena seperti yang kita tahu, sudah banyak korban yang berjatuhan akibat aksi pembegalan.

Nah, melihat situasi rawan seperti ini, siswa SMKN 3 Surabaya menciptakan alat unik, untuk menghindarkan kita menjadi korban pembegalan. Alat yang mereka ciptakan bisa mematikan motor yang dicuri begal.

Anda hanya tinggal menelpon ke nomor SIM card pada motor. Dan secara otomatis, motor itu berhenti. Canggih bukan?
Alat unik ini diciptakan oleh siswa SMK jurusan instalasi teknik SMKN 3 Surabaya, yaitu Widi Sutrisna. Widi Sutrisna menjelaskan bahwa ada dua sistem keamanan yang ia ciptakan pada alat unik ini.

Pertama, sensor yang dicocokkan dengan kunci khusus agar motor bisa menyala. Kedua, SIM CARD yang diselipkan ke sistem motor. Dengan kedua sistem pengamanan ini, kita bisa memarikan mesin motor dan membunyikan alarm hanya dengan menelponnya.

Bagaimana tertarik untuk memiliki sistem pengamanan canggih seperti ini? Jangan khawatir, perangkat canggih ini bisa dipesan. Lantas, berapa harganya? Harganya mungkin agak mahal, tapi sebanding dengan kualitasnya, yakni sekitar 1 juta rupiah.

2. Charger Handphone Tanpa Listrik

charger

Bagi sebagian besar orang, handphone mati itu kiamat. Hal ini dikarenakan, handphone memegang peranan penting untuk berkomunikasi. Untuk itu, ketika baterai handphone melemah pertanda “kiamat”.

Padahal, handphone mati bisa dicegah dengan membawa charger. Dengan charger tentu kita bisa men-cash handphone dimana saja dan kapan saja. Namun tahukah Anda, ada charger handphone tanpa listrik?

Tiga siswa SMK Muhammadiyah Kudus, yaitu Imron, Panji, dan Edwin tertarik untuk menciptakan inovasi charger dari barang bekas. Charger yang mereka buat dapat mengisi baterai walau tidak ada listrik.

Setelah mencari-cari ide, akhirnya ketiga siswa SMK tersebut mendapatkan ide untuk mendaur ulang DVD player bekas untuk dijadikan charger alternatif. Hingga akhirnya ide ini terealisasi juga.

Ketiga siswa SMK ini akhirnya mulai merakit charger alternative dari piringan DVD. Putaran piringan DVD pada player menghasilkan listrik sebesar 3 volt Aliran listrik ini kemudian ditampung oleh power bank dan distabilkan menjadi 5 watt.

Kehadiran charge alternatif ini sangat membantu ketika listrik padam. Karena kita masih bisa charge handphone meski tanpa listrik. Mengagumkan bukan penemuan charger tanpa listrik ini?

3. Printer 3D

printer 3D

Menciptakan printer 2 dimensi rasanya sudah terlalu mainstream. Hal inilah yang akhirnya membuat siswa SMKN 7 Semarang tertarik membuat printer 3 dimensi.

Dilihat dari bentuknya, printer ini berbentuk kubus, seperti halnya casing CPU Komputer. Sementara itu, dari segi teknologinya, alat ini bisa membaca input rancang bangun dari Autocad maupun 3DMax.

Untuk menciptakan Printer 3 dimensi ini memerlukan waktu 2,5 bulan. Keunikan alat ini membuat DTech Engineering, perusajaan desain manufaktur tertarik untuk mengikut sertakan printer 3 dimnesi dalam pameran-pameran.

Sampai saat ini, printer 3 dimensi diperkiran sudah 3 kali mengikuti pameran. Hal ini membuktikan bahwa printer 3 dimensi termasuk penemuan yang mengagumkan.

Bagaimana, tertarik untuk memilikinya? Untuk bisa memiliki printer 3 dimensi ini, uang yang harus dikeluarkan adalah 10 juta rupiah. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga printer 3D di pasaran.

4. Warnet Keliling Tenapa Surya

sepeda motor internet

Selain alat pencegah begal, charger tanpa listrik, dan printer 3D, siswa SMK juga berhasil menciptakan SMONET. Apa itu SMONET? SMONET adalah sepeda motor internet, karya SMK Muhammadiyah Padang.

SMONET merupakan inovasi dari WARNET. Jika warnet menetap, SMONET berpindah. Ide ini muncul dari masukan siswa-siswi yang bosan belajar di dalam kelas. Dan akhirnya terpikir, bagaimana caranya bisa belajar di luar kelas. Hingga akhirnya tercipta SMONET.

SMONET atau sepeda motor internet ini dilengkapi dengan 4 komputer. 4 komputer ini bisa bekerja secara optimal hanya dengan bantuan tenaga surya alias tanpa listrik. Oleh karena itulah, SMONET menjadi salah satu inovasi bermain internet di desa-desa terpencil.

5. Mesin Pemanen Padi

mesin pemanen padi

Melihat betapa banyaknya penemuan mengagumkan, membuktikan bahwa anak-anak SMK tak patut diremehkan. Selain berhasil menciptakan teknologi-teknologi canggih, siswa SMK juga membanru swasembada pangan nasional dengan menciptakan mesin pemanen padi.

Mesin pemanen padi ini adalah hasil karya siswa SMK Ponorogo. Fungsi mesin ini adalah untuk memanen padi, memotong, sekaligus merontokkan padi menjadi gabah.

Dengan mesin ini, proses memanen padi menjadi lebih praktis dan cepat. Kualitas mesin pemanen padi hasil karya anak SMK ini tak diragukan lagi. Bahkan Pak Jokowi, selaku Presiden Indonesia turut hadir dalam acara peresmian mesin pemanen padi ini.

Dan sekarang, mesin pemanen padi ini sudah diproduksi secara massal. Dan tentunya dikerjakan oleh siswa-siswa SMK Ponorogo. Lantas, dipasarkan kemana saja mesin pemanen padi ini.

Saat ini, pemasaran mesin pemanen padi berfokus di Ponorogo dan sekitarnya. Namun rencananya, nanti mesin ini akan dipasarkan ke seluruh nusantara.

Bagaimana masih mau membully siswa SMK? Generasi muda yang kaya akan prestasi ini seharusnya bukan banjir bully-an, melainkan pujian.